• Hari ini : Senin, 23 April 2018

Miliaran Rupiah Kerugian Akibat Puting Beliung

MERUSAK BANGUNAN - Amukan puting beliung di Banjarbaru banyak merusakkan bangunan warga. (Istimewa)
MERUSAK BANGUNAN – Amukan puting beliung di Banjarbaru banyak merusakkan bangunan warga. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarbaru mencatat nilai kerugian akibat angin kencang yang merusak puluhan rumah mencapai Rp1,3 miliar.

“Angka kerugian itu masih sementara dan belum digabungkan dengan rumah-rusak di lokasi lain,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarbaru Rahmat Taufik, kemarin.

Angin kencang melanda sejumlah kawasan di Banjarbaru pada Senin (19/12), dan menyebabkan bangunan dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Dia mengatakan, nilai kerusakan itu baru pada lokasi di kawasan Pengayuan Kelurahan Landasan Ulin Selatan yang terdata beberapa tempat penggergajian kayu dan madrasyah ibtidaiyah yang rusak.
Selain itu, atap sebuah pasar juga rusak di samping satu warga atas nama Aulia mengalami luka cukup serius di kepala sehingga harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

“Kerusakan madrasyah cukup parah karena ada dua ruang kelas yang rusak, disamping bangunan penggergajian kayu yang rusak dan nilainya mencapai ratusan juta rupiah,’’ ungkapnya.

Sedang lokasi lain yang terkena bencana itu tersebar di beberapa titik di Kecamatan Syamsudin Noor dan siapa saja orangnya masih didata petugas agar bantuan tepat sasaran.

“Belasan rumah rusak berat dan rusak ringan di Kecamatan Landasan Ulin dan kami masih menunggu data lapangan dan data kelurahan sehingga bisa saling dicocokkan,’’ ujarnya.

Ditambahkannya, Pemko Banjarbaru siap memberikan bantuan kepada warga yang tempat tinggalnya rusak. Kemungkinan dalam bentuk uang tunai untuk warga yang rumahnya rusak dan bantuan bagi korban luka, besarannya masih dihitung.(wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua