• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Nadjmi Resmikan TPA Karamatul Aulia Unit 147

Peresmian TPA Karamatul Aulia unit 147 ditandai dengan dibukanya tirai papan nama oleh Walikota Nadjmi Adhani.

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani meresmikan Taman Pendidkian Al Qur’an (TPA) Karamatul Aulia unit 147 di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang, pekan kemarin. Hadir Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan.

KH Ahmad Murni selaku pengasuh dan pembina TPA Karamatul Aulia unit 147 mengatakan, lokasi berdirinya TPA ini awalnya merupakan tanah Langgar Karamatul Aulia yang berdiri pada tahun 2000. Ini adalah tanah wakaf dengan luasan ± 40×40 meter persegi

“Sisa tanah kemudian dimanfaatkan untuk membangun TPA dengan ukuran 6×20 dan 6×8 meter persegi dua tingkat. Ini dana sukarela warga, sedang dimulainya kegiatan belajar mengajar pada tahun 2015,’’ ungkapnya.

Saat awal berdiri, murid di TPA ini hanya 53 orang. Dan yang pertama menjadi kepalanya adalah Ustadz KH Hamka, dilanjutkan Akhmad Baihaqi. Hingga kini sudah ada 119 orang murid, terdiri dari 65 laki-laki dan 54 perempuan.

Walikota Nadjmi Adhani mengatakan, sangat penting kita membentuk karekter anak sejak usia belia, tentu salah satunya dengan mengajarkan membaca Al Qur’an.

Sesuai dengan visi misi Banjarbaru yaitu sebagai kota pelayanan berkarakter.

“Masih banyak generasi muda sekarang buta baca tulis Al Qur’an dan ini disebabkan beberapa faktor,’’ katanya.

Diantaranya, lemahnya perhatian orang tua membimbing anaknya secara langsung, khususnya dalam pengajaran baca tulis Al Qur’an, lemahnya sistem pendidikan agama pada jalur formal karena sempitnya jam pelajaran agama, sementara bahan pengajaran cukup luas.

Ditambahkan Nadjmi, pertumbuhan dan perkembangan TKA/TPA cukup pesat dan semarak di Banjarbaru. Sudah ada 154 TPA yang terdaftar di LPP TKA BKPRMI setempat.

“Ini menunjukkan adanya sambutan dan dukungan cukup baik dari masyarakat serta kepedulian umat dalam upaya mewariskan dan menanamkan nilai keimanan, ketaqwaan bagi generasi mendatang,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua