Nelayan dapat Bantuan dari KKP

ditulis pada 31 Desember 2015

Batulicin, KP – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanah Bumbu,  menyalurkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada para nelayan di daerah yang berjuluk “Bumi Bersujud”.

“Bantuan itu berupa alat tangkap ikan yakni Gillnet sebanyak 100 paket serta Rempa Rajungan 250 paket,’’ kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu H. Rahmat, di Batulicin.
Ia mengatakan, selain menyalurkan alat tangkap ikan dari Kementerian kepada para nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Bumbu juga menerima anggaran untuk penyediaan Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI).

“Anggaran yang kami dapat juga akan dialokasikan untuk membangun pabrik es curai, gedung pengolahan kerupuk, pembangunan pagar gedung Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI),’’ katanya.

Selain bantuan fisik bangunan, Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Bumbu juga menerima bantuan berupa tiga unit mobil operasional dan beberapa alat berat seperti, Excavator untuk pembuatan tambak.

“Progaram DKP Tanah Bumbu yang sudah terealisasikan selama periode 2015 semakin meningkat dibandingkan pada periode 2014, terlebih pada 2016 akan masuk program sekaya maritim,’’ katanya.

Program sekaya maritim yang diberikan Kementerian yakni dana yang dianggarkan untuk pembangunan balai pertemuan para nelayan bersama DKP serta pembuatan drainase dan perbaikan jalan.

“Saat ini program yang kami lakukan merintis dan akan menerapkan teknologi terbaru tehnologi “Bioflock”, yaitu membuat pakan ikan yang mengandung nutrisi tertentu sehingg kotoran ternak ikan tersebut bisa menjadi makanannya kembali,’’ katanya.(net/K-7)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.