• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Operasi Pasar di Hari Koperasi ke 63

HARI KOPERASI - Dimeriahkan dengan operasi pasar yang dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj Isnaniah A Fikry dengan ditandai pelepasan balon ke udara. (KP/Norda Simah)
HARI KOPERASI – Dimeriahkan dengan operasi pasar yang dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj Isnaniah A Fikry dengan ditandai pelepasan balon ke udara. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten HSS  melalui Disperindagkop dan UKM menggelar peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten HSS di halaman MTQ Kecamatan Sungai Raya, Kamis (4/8).

Hari koperasi juga dimeriahkan dengan operasi pasar yang dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj Isnaniah A Fikry dengan ditandai pelepasan balon ke udara.

Dalam sambutannya, Bupati H Achmad Fikry,MAP, menyampaikan pesan presiden RI Joko Widodo yang mana diingatkan pada kita tantangan kedepan semakin berat sehingga dibutuhkan sinergisitas.
Penggabungan koperasi untuk kekuatan koperasi. Dibutuhkan kebersamaan untuk menjawab berbagai tantangan.

Kemajuan teknologi, pemerintah selalu membuka peluang untuk memajukan koperasi melalui Kridet Usaha Rakyat (KUR).

Diungkapkan H Achmad Fikry bahwa Peran koperasi mengawal UMKM kita dengan bunga yang sangat kecil. “Dulu bunga KUR sampai 21%-22%, sekarang 9% nanti tahun depan pada 2017 akan diusahakan oleh pemerintah pusat bunga KUR bisa 7%,”.

KUR juga dikhususkan pada pengusaha kecil. Dengan hari koperasi ini mari kita manfaatkan Momentum hari koperasi  dengan kridet usaha rakyat agar yerserap bagi UMKM.

“Mudahan ada dana yang masih belum tersalurkan, dapat dimanfaatkan bersama sama. Seperti  Pinjaman pinjaman dapat betul betul dimanfaatkan,” kata bupati.

Masih dikatakan bupati H Achmad Fikry, bahwa pemkab HSS selalu mendukung dengan pelaku usaha kecil menengah. Terlebih lagi dengan para petani. Semangat petani sekarang mempunyai semangat sangat tinggi. Seperti di kabupaten HSS, petani Mananam bawang dan sadap karet, banyak potensi di HSS. Sehingga disini peran koperasi sangat penting. Mari ajak untuk koperasi. sehingga bisa betul betul bisa mensejahterakan petani.

Ada juga Dana csr dari bank kalsel syariah, untuk pengembangan enceng gondok.enceng gondok sangat melimpah di HSS.  Potensi itu pun tentunya  dikembangkan, kalau perjain enceng gondok bisa membikin tas untuk mendukung pemerintah agar tak menggunakan plastik saat belanja. Maka pemerintah akan mendukung menggunakan  tas untuk kepasar. Desain yang baik dari perajin dengan harga terjangkau, sehingga warga berminat untuk membelinya.

Sebagai bukti pemerintah mendukung para perajin di HSS, Sampai sampai kursi tamu di ruangan bupati menggunakan enceng gondok.
“Paling tidak, banyak tamu bangga melihat. Bahkan nantinya berkeinginan membeli,”kata bupati

Sementara itu, kepala Diaperindagkop dan UKM Drs  Sasmi Rifani ditempat yang berbeda mengatakan, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan diharapkan mampu menjadikan koperasi lebih aktif dan berkembang.

“Koperasi diharapkan dapat menjadi organisasi masyarakat yang kokoh dan berfungsi sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan bangsa. Sehingga bisa menjadi penopang ekonomi kerakyatan khususnya di Kabupaten HSS,” ujarnya. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua