• Hari ini : Minggu, 23 September 2018

Paskibra Balangan Siap Kibarkan Bendera Merah Putih

Saat gladi resik Pasukan Pengibar bendara lakukan formasi gula habang.

Paringin, KP – Siswa-siswi terpilih dari SLTA sederajat se-Kabupaten Balangan siap bertugas mengibarkan bendera kebangsaan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Sebanyak 43 peserta Diklat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di bawah pembinaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) telah menjalani pelatihan sebagai Paskibra. Latihan yang dipusatkan di Lapangan RTH Dispora dan halaman (lapangan, red) upacara kantor bupati, ditangani oleh pelatih dari Koramil 1001-02 Paringin – Paringin Selatan dan Polres Balangan.

Kapten Inf Tajuddin sebagai Koordinator Pelatih menjelaskan, bahwa Paskibra diberikan pelatihan keras dengan cuaca terik matahari menjadikan peserta Paskibra memiliki fisik yang kuat.

“Setiap pagi dilakukan senam dan pembinaan agar saat pelaksanaan mereka tidak ada kendala masalah fisik,” ungkap Kapten Inf Tajuddin yang merupakan Danramil 1001-02 Paringin-Paringin Selatan.

Pantauan media, Pasukan Koramil dan Polres Balangan sudah bergabung menjalani sesi latihan dan sudah dapat menyesuaikan dengan formasi yang dibentuk formasi gulang Habang dan rumah banjar. Nantinya pasukan disusun menjadi Pasukan 17, 8 dan 20.
Kapten Inf Tajuddin mengatakan bahwa waktu yang tersisa beberapa hari ke depan agar dimanfaatkan untuk menyeragamkan gerakan dan kekompakan, menyempurnakan formasi serta menyakinkan seluruhnya siap.

Kepelatihan ini juga diharapkan menjadi bekal bagi Paskibra di kemudian hari.
Terpisah, Khairulah Kabid Pemuda pada Dispora Balangan mengatakatan, para calon anggota Paskibra itu adalah para pelajar yang diseleksi dari berbagai sekolah yang ada di 8 Kecamatan se-Kabupaten Balangan.

“Untuk melakukan seleksi Pasukan Pengibar Bendera, Dispora bekerjasama dengan Polres dan Koramil. Hasil seleksi terpilih 43 orang, laki laki 27 orang dan perempuan 19 orang, masing- masing memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk perempuan dan 165 cm untuk laki- laki untuk mengikuti pelatihan Paskibra,” jelasnya.

Ditambahkannya, selain dibekali dengan latihan baris berbaris dan disiplin, mereka juga diberi penyuluhan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mereka.

Sementara diketahui, yang mendapatkan kepercayaan membawa Baki pada pengibaran bendera merah putih Putri Maulida pelajar (siswi, red) MAN 3 Balangan, putri pasangan Rawahab dan Nor Liana. Sedangkan untuk Penggerek bendera merah putih M Jalalludin siswa MAN 1 Balangan putra pasangan Rusmiadi dan Siti Rasul Rapiatun Adawiyah, Pembentang bendera merah putih M Nor Kifli Siswa SMKPPN Paringin putra pasangan Safrudin dan Barkiah.

Kemudian yang terpilih menjadi Komando pasukan siswa SMAN 1 Awayan, Ahmad Ripani putra pasangan Nardiansyah dan Nor Aidah.

Pengawal Pasukan Pengibar Bendera, Bripda Dwi Hadi Prasetyo, Bripda Maman Tirto, Serda Wagino dari Koramil 03/awayan dan Serda Idham Fadli dari Koramil 04/Batumandi untuk Danpas Briptu Andreanus Manalu. (jun)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua