• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

PDAM Lanjutkan Pergantian Pipa Tua

Foto Ilustrasi. (net)
Foto Ilustrasi. (net)

Banjarmasin, KP – Menyusul masih banyaknya pipa PDAM yang mengunakan pipa lama, sehingga banyak terjadi kebocoran sehingga, Perusahaan Daerah milik Pemko Banjaramsin memproyeksikan pergantian  kondisi jaringan pipa distribusi air bersih di Banjarmasin.

“Saat ini memang untuk jaringan pipa besar, seringkali mengalami kebocoran lantaran masih menggunakan pipa PVC. Memang berbicara kualitas, pipa PVC kurang sesuai dengan struktur tanah di Kota Banjaramsin,’’ kata Direktur Utama PDAM Bandarmasih Ir HM Muslih kepada wartawan, di Banjarmasin, belum lama ini.

Hanya saja, ujar Muslih, permasalahan kebocoran pipa terjadi pada sambungan pipa, akibat kondisi tanah yang lemah dan tidak mampu menahan tekanan diatasnya. “Kita sudah siapkan mengganti semua pipa PVC dengan pipa PE (Poly Ethelon) secara bertahap disemua titik,”ucapnya.

Dijelaskan Muslih, seperti yang terjadi di kawasan Jalan Sutoyo S, pipa kembali mengalami kebocoran dikarenakan tekanan kendaraan bermotor yang melewati kawasan itu sangat padat.

“Tekanan kendaraan bermotor sangat besar. Namun kami berusaha secepatnya melakukan perbaikan demi kenyamanan pelanggan,” ungkapnya.

Muslih mengiyakan, jika penggunaan pipa PE lebih cocok dengan kondisi tanah di Banjarmasin, sehingga kebocoran pipa dikurangi lantaran sifat pipa yang elastis.

“Kalau Pipa PE lebih elastis dan tahan terhadap tekanan. Pipa yang saat ini sudah berusia puluhan tahun, sehingga jika ada tekanan besar sering mengalami kebocoran,” Direktur Utama PDAM Bandarmasih Ir HM Muslih.(vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua