• Hari ini : Minggu, 25 Februari 2018

Pekan Muharam, Uniska Gelar Lomba Kaligrafi

Salah seorang peserta yang menuangkan ide dan kreativitasnya dalam sebuah kanvas berlatar ayat-ayat Qur’an, pada lomba kaligrafi.

Banjarmasin, KP – Dalam rangka memperingati Pekan Muharam, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsad Albanjari gelar lomba kaligrafi dikalangan pelajar dan mahasiswa. Sabtu (21/10).

Wakil Rektor I Uniska Dr Jarkawi mengatakan, lomba kaligrafi sebagai dasar pembentukan nilai–nilai keislaman dikalangan generasi muda, selain itu sebagai kreatifitas seni dan keindahan dalam menuangkan ke media kanvasnya.

“Intinya menuliskan dengan seni keindahan ayat-ayat suci,’’ kata Jarkawi.

Dikatakannya, mengingat nama besar Uniska mengambil dari seorang Ulama besar Kalimantan Selatan yakni Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari juga seorang penulis yang banyak menerbitkan berbagai buku atau sebuah kitab, dimana kitab yang terkenalnya adalah Sabilal Muhtadin.

Dengan latar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari sebagai seorang ulama juga penulis sekaligus pengarang hendaknya para generasi penerus bisa meniru keteladanan beliau.

“Generasi muda hendaknya bisa menulis tentang keislaman atau setidaknya tulisan yang bermanfaat,’’ kata Jarkawi.

Hendaknya akademik Uniska, lanjutnya, setidaknya bisa menuangkan tulisan-tulisan dimana ide berdasarkan penelitian penelitian dan di publikasikan hingga dikenal secara luas.

Jika satu orang mahasiwa atau dosen bisa menuangkan tulisannya ke publik tentunya sangat bermanfaat, dan Uniska akan menjadi yang terbaik.

“Jika dosen dan mahasiswa Uniska mempublikasikan tulisannya tentunya akan lebih baik, contohnya satu orang satu bikin tulisan, ’’ lanjut Jarkawi.

Koordinator M Zainuddin mengatakan, lomba kaligrafi yang diselenggarakan untuk mengajak sekaligus mencintai nilai-nilai keislaman yang dituangkan dalam suatu lukisan ayat-ayat Al Qur’an, selain itu membina silaturahmi diantara pecinta kaligrafi.

“Selain bisa mengekpresikan hasil mereka juga menyalurkan kecintaan mereka dibidang kaligrafi,’’ katanya.

Ditambahkan Zainuddin, kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari mahasiswa dan siswa serta pelajar ini akan menjadi agenda rutin Uniska dan kedepannya Uniska akan membentuk perkumpulan para pecinta kaligrafi dilingkungan Uniska.

“Kita akan menghimpun mereka yang senang dan mencintai kaligrafi agar bisa meningkatkan kreatifitas untuk lebih maju,’’ tambah zainuddin. (fin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua