Pelajar SD Praktek Lapangan

ditulis pada 11 September 2017

PRAKTEK LAPANGAN – Dilakukan kepada pelajad SDN di Kotabaru

Kotabaru, KP – Guna meningkatkan pengetahuan dan pembentukan karakter siswa siswinya, Kepala Sekolah SDN Sungai Taib beserta para guru dan pengawas sekolahnya mengajak sedikitnya 120 muridnya berkunjung ke Hutan Wisata Meranti yang berada di Desa Sebelimbingan, belum lama tadi.

“SDN Sungai Taib ini merupakan piloting ramah anak dan sebagai sekolah rujukan untuk kabupaten Kotabaru. Sebagai piloting karakter yang harus melakukan upaya peningkatan karakter terhadap anak siswa siswi. Salah satunya upaya, dengan cara menerapkan kebersihan, dan cinta lingkungan yang sehat. Pilihan kami membawa anak siswa-siswi ke hutan Meranti ini, terkhusus kelas 3,4,5 dan 6, karena di Kotabaru ini, Hutan ini lumayan lengkap ketersediaannya dalam rangka pembelajaran anak siswa,” tutur Ida, salah seorang guru SDN Sungai Taib.

Sementara Akhmad Majedi, SPd, selaku guru kelas di SDN Sungai Taib mengatakan “ sehubungan dengan kurikulum yang di terapkan, untuk kelas empat mendapatkan pembelajaran bumi dan alam semestanya, kemudian kelas lima udara dan pencernaan, sedangkan kelas enam tentang ekosistem. Semua pembelajaran yang kami berikan dari kelas empat, lima dan enam tersebut ada di dalam hutan meranti ini, karena itulah kami bawa para anak anak didik kami kesini,nhutan meranti, dan juga sebagian anak bahkan belum mengetahui wilayah hutan meranti,’’ terang Akhmad.

Siswi, Raina Nurmala Putri beserta temannya, Adiani Cahya Aruna mengatakan “ Dengan di bawanya kami belajar diruang terbuka seperti di tempat wisata hutan meranti ini, kami dapat melihat berbagai ekosistem yang termasuk dalam pelajaran di sekolah. Kami pun dapat membedakan bagaimana rasanya belajar di dalam ruangan (Kelas) dengan belajar di tempat terbuka yang langsung berhubungan dengan alam.

Dalam hutan ini kami juga dapat melihat dan merasakan ekosistem dalam hutan ini, seperti, tumbuhan liar, pohon tumbang, dan berbagai macam jenis binatang. Udaranyapun yang segar menambah gairah dan semangat kami para siswa-siswi untuk belajar, sekaligus bertamasya,’’ tutur riang. (and/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.