• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

Pelepasan Haji Kloter Pertama Diwarnai Isak Tangis

JEMAAH HAJI – Wawali Hermansyah menjelang keberangkatannya diantar istri Hj Siti Fatimah dan tampak meneteskan air mata saat istrinya mencium tangannya dan melambaikan serta ucapan selamat jalan para jemaah haji Kota Banjarmasin mudahan selamat semuanya. (KP/Narti)

Banjarmasin, KP – Pelepasan calon jemaah haji (CJH) kloter pertama yang secara resmi dilepas Walikota H Ibnu Sina di Aula Serba Guna Sabillal Muhtadin Banjarmasin, diwarnai isak tangis para calon jemaah dan keluarga mereka. Bahkan Wawali Hermansyah yang berangkat kloter pertama kemarin juga sempat berkali-kali memeluk istrinya Hj Siti Fatimah yang melepas kepergian suaminya hingga menaiki bus bersama para jemaah lainnya.

Sedangkan Hermansyah yang mengenakan seragam batik haji Indonesia tampak tenang dan sesekali melempar senyum pada anggota keluarganya maupun warga yang sama-sama melepas kepergian anggota keluarganya sebelum menuju bus yang parkir di halaman Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu (18/7).

Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin M Rofi’i melepaskan kloter pertama CJH asal Kota Banjarmasin, Rabu (18/7). Ia juga mengatakan, CJH yang diberangkat tersebut menginap satu malam di asrama haji dan Kamis hari ini (19/7) pada pukul 14.30 WITA langsung diberangkatkan ke Madinah

Dihadapan para calhaj, M Rofi’i mengatakan, total CJH yang berangkat tahun 2018 untuk Banjarmasin sebanyak 690 orang yang terbagi dua gelombang. “Gelombang pertama pada kloter pertama diberangkat sebanyak 320 orang CJH dan 5 orang pendamping haji,’’ ujar M Rofi’i.

Sedangkan jemaah haji tertua, Salasa Salmah Ahmad berusia 78 tahun dan termuda 19 tahun. Dari jumlah tersebut 60 persen usai rentan atau diatas 50 tahun. Namun semua dinyatakan sehat dan memakai kursi roda satu orang sedangka satu orang pakai tongkat.

Salah satu CJH, Awan Subarkah yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin mengatakan, dengan keberangkatan Haji tahun ini memang yang pertama sudah mempersiapkan obat-obatan dan yang kedua telah mempersiapkan krem dimana pada siang hari suhu panas hingga mencapai 48 derajat cercius.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenang Kota Banjarmasin, Burhan Noor memastikan semua CJH asal Banjarmasin 100 persen berangkat semua. “Hari ini CJH asal Banjarmasin semuanya bisa berangkat,’’ ujar Burhan Noor, yang juga berangkat menjadi petugas haji tahun 2018 ini.

Sedangkan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah sebelum berangkat, selain mohon pamit juga meminta doa supaya dalam perjalanan ibadah haji bersama warga Kota Banjarmasin ini aman dan lancar. Bahkan sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, para CJH mendapat penjelasan dari petugas haji dari Kementerian Agama Kota Banjarmasin.

Pantauan KP ada sekitar 10 bus besar yang mengangkut para CJH asal ibukota Provinsi Kalsel menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Dalam rombongan CJH kloter I, terdapat Antonius Hadi Yuwono (53 tahun). Ia mengaku baru bisa berangkat haji bersama istrinya, Hafifah setelah menunggu 9 tahun lamanya. “Alhamdulillah, begitu mendapat hidayah dari Allah, saya memeluk Islam. Kemudian, saya bersama istri sudah berniat untuk menjalankan rukun Islam yang kelima. Syukurnya, tahun ini bisa terwujud,’’ ucap Hadi Yuwono. (vin/K-5)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua