• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Pelindo Gelontorkan CSR Rp5 Miliar untuk Bina Lingkungan

SALURKAN PINJAMAN UMKM - Pelindo III Banjarmasin terus menyalurkan CSRnya lewat dana bergulir bina lingkungan untuk pengusaha kecil hingga dana hibah untuk tempat ibadah hingga tahun 2016 sudah mencapai Rp5 miliar lebih, Kabid Lala KSOP Kelas I Banjarmasin H Drs Bharland Msi ketika menyerahkan dana kemitraan. (KP/Hifni)
SALURKAN PINJAMAN UMKM – Pelindo III Banjarmasin terus menyalurkan CSRnya lewat dana bergulir bina lingkungan untuk pengusaha kecil hingga dana hibah untuk tempat ibadah hingga tahun 2016 sudah mencapai Rp5 miliar lebih, Kabid Lala KSOP Kelas I Banjarmasin H Drs Bharland Msi ketika menyerahkan dana kemitraan. (KP/Hifni)

BANJARMASIN, KP – Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Banjarmasin,  menyalurkan hibah CSR tahun 2016 ini sudah mencapai Rp5 miliar lebih.

Dana bergulir untuk pinjaman bina lingkungan untuk para pengusaha kecil banua berjalan sepanjang tahun merupakan bagian dari komintmen BUMN untuk menyisihkan sebagian laba yang didapatkan mereka selama ini yakni sekitar 2 persen.

Sekda Pemko Banjarmasin, Hambli Kursani menyebutkan, apa yang dilakukan BUMN plat merah Pelindo III Banjarmasin hendaknya bisa diikuti BUMN lainnya dengan menyalurkan CSR berupa dana kemitraan untuk UMKM serta hibah untuk sekolah dan tempat rumah ibadah lainnya.
“ Saya sudah dua kali mengkuti kegiatan ini dan memberikan apreasi kepada Pelindo III Banjarmasin yang rajin melakukan CSR sesuai amanatnya Kementrian BUMN untuk berbagi laba yang diterima mereka selama ini,” tegas mantan Kadis Disperindag Kota ini.

General Manager PELINDO III Banjarmasin yang baru Fariz H, menjelaskan, Pelindo III sebagai BUMN setiap tahunnya terus mengeluarkan pinjaman dana bergulir lunak untuk bina lingkungan hingga hibah kepada rumah ibadah sampai Desember 2016 ini dana yang sudah tersalurkan sekitar Rp5 miliar lebih.

“ Lewat program Bina Lingkungan Pelindo ini mereka bisa mendapatkan dana bergulir dengan bunga kecil dari perbankkan, bahkan 6 bulan pertama mereka tidak dibebankan bunga dengan lama pinjaman sekitar 2 tahun,” kata Fariz sapaan akrabnya.

Dijelaskan, bantuan hibah kepada masyarakat sekitar, sosial lainnya merupakan kewajiban BUMN untuk menyisihkan labanya sekitar 2 persen dan ini dilakukan Pelindo III Banjarmasin setiap tahun dimana bantuan cendrung meningkat seiring dengan terus membaiknya laba yang didapat.

“ Kita berharap masyarakat yang mendapatkan dana bantuan hibah serta bantuan kemitraan untuk memanfaatkannya dengan baik sehingga manajemen Pelindo Pusat harapkan benar-benar tercapai, sehingga bantuan ini bisa berkesinambungan, dan bisa bergulir untuk pengusaha kecil berikutnya,” pintanya.

Kabid Lalal KSOP Kelas I Banjarmasin, H Drs Bharland Msi, mengatakan, apa yang dilakukan Pelindo III ini hendaknya bisa dicontoh perusahaan BUMN lainnya dan perusahaan yang beroperasi di Pelabuhan Trisakti dengan membantu warga sekitar dan warga Banjarmasin khususnya sehingga keberadaannya bisa dirasakan manfaatnya dikota ini.

Suci pengusaha jilbab kain sasirangan menjelaskan, sebagai pengusaha kecil ia merasa terbantu dengan dana kemitraan Pelindo III bahkan sudah memasuki tahun ke 4 ini pinjamannya.

“ Saya berencana ekspansi usaha jilbab sasirangan ini ke Banjarbaru dan Batola ini semua berkat bantuan Pelindo III bahkan beberapa waktu yang lalu saya diajak pameran ke Batam untuk menambah wawasan usaha dan mencari mitra usaha baru disana,” tutup ibu 3 anak ini bangga. (hif/K-7)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua