Pembangunan Kecamatan Pemekaran Habiskan Dana Besar

ditulis pada 8 Juni 2017
Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama masyarakat Desa Bukit Sawit, saat melaksanakan Safari Ramadhan, Selasa (6/6) di Mesjid Al-Istiqamah.(KP/Asari)

Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama masyarakat Desa Bukit Sawit, saat melaksanakan Safari Ramadhan, Selasa (6/6) di Mesjid Al-Istiqamah.(KP/Asari)

Muara Teweh, KP – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut), telah habiskan dana besar untuk pembangunan kecamatan pemekaran yakni Kecamatan Teweh Selatan. Dana itu, dalam rangka percepatan dan mensukseskan pembangunan.

“Tahun 2017, di bidang keagamaan pemerintah daerah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp510.000.000. Dana hibah tersebut untuk rumah ibadah maupun pembinaan umat beragama atau kegiatan lainnya,’’ kata Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, kepada masyarakat Desa Bukit Sawit, saat Safari Ramadhan 1438 H, Selasa (6/6), di Masjid Al-Istiqamah.

Selain bantuan dana hibah untuk keagamaan, juga ada beberapa paket pekerjaan di antaranya, di bidang pekerjaan umum untuk peningkatan jalan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang dianggarkan dana sebesar Rp6.453.645.000.

Selanjutnya, pada bidang pendidikan, pemerintah daerah menganggarkan dana sebesar Rp1.692.000.000, untuk pembangunan sekolah baik SD maupun SMP, rehabilitasi rumah guru serta kelengkapan muebiler beberapa sekolah TK.

Kemudian, pada sektor kesehatan di antaranya untuk pengadaan alat kesehatan dan obat-obatan melalui dana DAK sebesar Rp815.190.021. Sementara, untuk kegiatan sosial kemasyarakatan akan dibangun dua buah rumah untuk masyarakat kurang mampu.

“Pembangunan untuk Kecamatan Teweh Selatan ini, tentunya tidak luput dari dukungan, partisipasi serta peran aktif dari masyarakat,’’ tutupnya. (asa/K-2)

Tali Silaturrahmi Merupakan Wujud Nyata
Muara Teweh, KP – Dalam upaya, meningkatkan tali silaturrahmi ini merupakan wujud nyata, dalam penyelenggaraan pembangunan di bidang keagamaan. Selain itu juga salah satu sarana untuk mendekatkan selaku pemerintah daerah dengan masyarakat.
“Bulan suci ramadhan merupakan momentum tepat untuk meningkatkan kualitas iman, dan memperkuat ketaqwaan. Dan menimbulkan rasa sosial yang tinggi guna untuk memperbanyak amal dan ibadah,” kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Selasa (6/6) pada acara Safari Ramadhan di Kecamatan Teweh Selatan, Desa Bukit sawit.
Menurutnya, bulan suci ramadhan ini tidak sekedar sebagai ritual keagamaan saja, tapi merupakan media untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Terkait dengan musibah banjir yang menimba saudara kita didataran rendah, khususnya di desa-desa tepian sungai barito mengalami kebanjiran. Dimana pemerintah daerah telah menetapkan status tanggap bencana mulai tanggal 2 Juni sampai 19 Juni kedepan.
Dijelaskannya, untuk mengurangi beban yang dialami korban banjir, pihaknya telah mendistribusikan bahan sembako terutama beras. Yang diharapkan, agar banjir ini segera surut, sehingga warga yang terkena korban banjir dapat kembali bekerja seperti biasanya.
Untuk diketahui, Safari Ramadhan tersebut yang dilaksanakan di Mesjid Istiqamah Desa Bukit Sawit dihadiri oleh unsur FKPD, anggota DPRD Barut dan kepala SOPD serta ratusan warga setempat.(asa/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.