Pembebasan Pasar Lama ‘Gagal’ Lagi

ditulis pada 30 Desember 2015

BANJARMASIN, KP – Rencana pembebasan dan penataan Pasar Lama yang sejak era almarhum Walikota Banjarmasin H Sofyan Arpan hingga sekarang ini belum juga bisa dilaksanakan. Bahkan ada kecenderungan pembebasan yang sudah lama dianggarkan hingga era Walikota H Muhidin juga belum bisa dilaksanakan dan tertunda lagi.

Padahal tim penataan pembangunan Pasar Lama yang sudah dianggarkan pembebasan di era Kepimpinan Walikota H Muhidin hingga berakhir jabatan dan akan memasuki tahun 2016 ternyata belum selesai karena itulah menunggu walikota baru diharapkan bisa diselesaikan.

Kepala Dinas Pasar Kota Banjarmasin Drs H Hermansyah kepada wartawan, di Banjarmasin, Selasa (29/12), mengaku tertundanya penataan dan pembebasan Pasar Lama yang belum bisa dilaksanakan memang banyak permasalahan yang cukup kompleks karena itulah masih menunggu walikota yang baru.

Bahkan belakangan diketahui lahan seluas 6000 Km2 ini di wilayah RT 02 Pasar Lama ternyata lahan Pasar Lama yang hendak dibebaskan Pemko Banjarmasin sudah dikuasai salah seorang dari pemilik lahannya.

“Penataan Pasar Lama tak gagal tetapi hanya tertunda dan diharapkan pada era walikota definitif yang baru nanti lahan yang mau dibebaskan tersebut bisa dilakukan pembebasan,’’ papar mantan Camat Banjarmasin Tengah ini.

Dikatakan, untuk melakukan pembebasan banyak persoalan dan memang ada 10 pemilik lahan yang dibebaskan, dan di bantaran sungai Pasar Lama ada 18 pemilik bangunan juga sudah diidentifikasi dan diharapkan dengan sebuah lahan yang telah setuju dibebaskan akan mendorong pembebasan lahan lainnya.

Herman tidak menjelasan secara pasti, yang jelas, memang disana ada lokasi yang  sudah dikuasai pengusaha yang cukup luas sehingga sangat alot saat dilakukan pembebasan lokasi tersebut. “Kita berharap dengan walikota yang baru bisa dengan mudah menyelesaikan pembebasan lahan Pasar Lama nantinya,’’ katannya.

Apakah pembebasan tahun ini tertunda lagi? Menurutnya, memang dalam pertemuan yang bersangkutan siap dan menerima harga yang ditentukan tim apresial tetapi karena waktunya kurang cukup sehingga pihak Pemko dan semua pemilik ditunda dahulu bukan gagal.

Bahkan pelaksanaan sosialisasi juga sudah dilaksanakan dan memang pembebasan lahan tersebut sudah dinilai tim apresial hanya saja memang karena tidak tercapai kata sepakat sehingga Dinas Pasar Pemko Banjarmasin mempertimbangkan untuk menunda dan anggaran dikembalikan, tahun depan dianggarkan lagi untuk melakukan pembebasan.

Ia juga menjelaskan, lahan yang hendak dibebaskan seluas 6000 meter persegi. Dan pembebasan lahan Pasar Lama ditargetkan berakhir 2016. “2015 ini hanya sosilisasi saja dan ada sebuah lokasi sudah bersedia dilakukan pembebasan,’’ terangnya.

Disinggung soal harga? Hermansyah menyatakan tidak tahu persis. Sebab, ketentuan harga ganti rugi pembebasan lahan tersebut dinilai tim apresial. Menurut dia, lahan yang terkena pembebasan rata-rata paling banyak ada di RT 2 yakni mulai Kantor Pos Polisi hingga tembus Maluku. “Ada 80 persen lahan yang terkena pembebasan di RT 2 ini,’’ ungkapnya. (vin/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.