• Hari ini : Selasa, 24 April 2018

Pemkab Balangan Gelar Isra Miraj di Masjid Al Akbar

RIBUAN JEMAAH – Memadati Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW di ruang induk masjid Al Akabr hingga diluar masjid.(KP/Ist)

Paringin, KP – Memaknai kembali hikmah dari peristiwa Isra dan Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, tingkat Kabupaten Balangan 1439 H/2018 Masehi. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Induk Masjid Al Akbar. Hadir dalam acara tersebut Bupati H Ansharuddin, pimpinan dan anggota DPRD Balangan, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli , Ketua TP. PKK Balangan, Dharma Wanita, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama/habib, Tokoh Pemuda dan masyarakat Kabupaten Balangan. Juga dihadiri ratusan jemaah masjid Al Akbar serta ratusan jemaah majelis ta’lim Nurul Muhibin, Sabtu (14/4) malam kemarin.

Selain mengagendakan doa bersama, shalawat, serta tausiah agama dari ulama besar dan terkenal serta pimpinan pondok pesantren Nurul Muhibbin Guru KH Muhammad Bakhiet.

Bupati H Ansharuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini sesungguhnya memiliki makna yang hakiki, khususnya bagi kaum muslimin untuk selalu menyadari keberadaan dirinya sebagai hamba Allah, “Sehingga senantiasa berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta bersyukur terhadap berbagai nikmat yang telah dilimpahkan,” tuturnya.

Menurut Bupati, kepedulian terhadap syiar Islam sebagaimana yang dilakukan dengan menyemarakkan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat lebih menyadarkan diri bahwa betapa sangat kecilnya amal yang telah dilakukan, baik untuk agama maupun bangsa dan Negara.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat turut memberikan implikasi terhadap terbangunnya sikap dan perilaku kesalehan sosial, khususnya bagi para aparatur Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Bupati sendiri turut mengingatkan kembali bahwa peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hendaknya tidak menjadi kegiatan seremonial keagamaan berulang yang tanpa makna, melainkan terdapat banyak hikmah yang dapat diperoleh untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. “Hikmah dimaksud tentunya merupakan tuntunan terbaik bagi kaum muslimin guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat,” pesannnya.

Oleh karena itu, Bupati H Ansharuddin kembali mengajak seluruh masyarakat Balangan untuk menjadikan momentum peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sebagai media untuk mewujudkan sikap dan perilaku kesalehan sosial, yang memiliki korelasi erat dengan kejujuran, komitmen social, etos kerja, sebagai ciri insan yang agamis.

“Tentunya pencapaian tersebut akan sangat mendukung terhadap upaya peningkatan semangat kebersamaan, silaturahmi, serta persatuan dan kesatuan sebagai pedoman hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambahnya.

Sementara, Guru KH Muhammad Bakhiet, dalam tausyiahnya menyampaikan seputar isra dan Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, yang intinya berkenaan perintah mengerjakan Shalat. Sholat merupakan kunci kesuksesan dan kebahagiaan bagi setiap muslim. Begitu pentingnya ibadah sholat, maka Allah telah menurunkan perintah untuk melaksanakan sholat secara langsung melalui peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hal ini berbeda dengan ibadah-ibadah lain yang perintahnya melalui perantara Malaikat Jibril seperti halnya zakat, puasa, haji dan lain-lain. (jun/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua