• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

Pemkab Evaluasi Sistem Informasi Kependudukan

Bupati Khalilurrahman saat membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan untuk aparat Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Martapura, KP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan untuk aparat kecamatan, desa dan kelurahan, di Guest Sultan Sulaiman Martapura, kemarin.

Menurut Bupati KH Khalilurrahman, rakor ini sangat diperlukan agar pendataan kependudukan di Kabupaten Banjar lebih akurat, sehingga memudahkan Pemkab mengetahui status kependudukan masyarakatnya.

Bupati Khalilurrahman berharap rakor dan evaluasi ini menjadi salah satu sarana mencari solusi dan memecahkan berbagai kendala pendataan kependudukan bagi aparat di kecamatan, kelurahan dan desa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Azwar Hadi menambahkan, rakor ini mengacu pada UU 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan yang mengupayakan langkah-langkah menuju perbaikan dan penyempurnaan dalam penyelenggaraannya.

Adapun hal-hal yang dibahas, antara lain keberlanjutan pelaksanaan E-KTP, capaian kepemilikan Akta Kelahiran anak usia 0-18 tahun, capaian kepemilikan Akta Kematian, rencana pelaksanaan penerapan Kartu Identitas Anak (KIA), pencatatan penduduk pindah/datang luar negeri, kepemilikan dokumen yang datanya berbeda-beda, pengolahan dan penyajian data kependudukan.

Sementara Ketua Komisi I DPRD, Mulkani mengatakan, rakor ini penting mengingat pertumbuhan penduduk di Kabupaten Banjar sangat pesat, bukan hanya dari kelahiran dan kematian, juga datangnya penduduk dari luar. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua