• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Pemkab HST Terima Bantuan IPLP dari Pusat

Plt BUPATI HST – H A Chairansyah Saat Menerima Bantuan dari ILP. (KP/Ary)

Barabai, KP – Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat terkait pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLP).

“Pemkab HST menyediakan tanah pembangunan yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Telang Kecamatan Batara,” kata Plt Bupati HST H A Chairansyah saat meninjau ke lokasi rencana pembangunan di TPA Telang, Kamis (12/4).

Menurutnya pembangunan IPLP itu merupakan tindak lanjut kerjasama dengan Kementerian PU melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya saat pertemuan di Bali yang intens melakukan kampanye tentang penanganan sampah.

“Untuk menunjang IPLP, ke depan Pemkab HST merencanakan pengangkutan hasil akhir tinja itu menggunakan mobilitas yang akan kita siapkan,” katanya.

Jadi menurutnya setelah pembangunan IPLP selesai diharapkan langsung bisa digunakan sebagai sarana pengolahan limbah tinja.

Perwakilan Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Penyehatan (PSPLP) Provinsi Kalsel Hariman Syaifullah juga menyampaikan proses pembangunan akan dilaksanakan minggu depan dengan menggunakan dana yang bersumber dari APBN.

“Proses pembangunan direncanakan berlangsung selama 7 bulan sudah selesai. Pada pelaksanaan kami berharap juga dibimbing oleh dinas terkait agar pelaksanakan berlangsung secara maksimal,” katanya.

Tujuan pengolahan limba tinja sendiri adalah untuk mengurangi tingkat pencemaran yang disebabkan oleh limbah tinja, mengingat limbah tinja sangat berbahaya bagi lingkungan khususnya kualitas air.

Manfaat dari pengolahan limbah tinja itu dapat diperoleh dari hasil olahan yang dihasilkan. Lumpur hasil pengolahan, dapat digunakan untuk pembuatan kompos (budidaya pertanian). Selain itu, dapat digunakan untuk meningkatkakan kualitas lingkungan, khusunya kualitas air (perairan). (adv/ary/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua