• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Pemkab Tandatangani MuO Dana Hibah Pilkada Rp4 Milyar

SERAH TERIMA – Berkas usai penandatangan Mou Hibah dan Pilkada Pemkab ke Polres Tabalong. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Sesuai dengan ketentuan, bahwa untuk melancarkan proses pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong menghibahkan dana sebesar Rp4 miliar, untuk aparat keamanan.

Terkait dana hibah Pilkada ini, maka diksanakan penandatanganan naskah perjanjian/memorandum of understanding (MoU) dana hibah untuk pengamanan Pilkada tahun 2018 kepada Polres Tabalong belum lama tadi di Mapolres Tabalong Tanjung.

Naskah perjanjian hibah tersebut sendiri, ditandatangani langsung oleh Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dan Kapolres Tabalong AKBP Hardiono S.Ik.

Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono mengungkapkan, bahwa total besaran nominal anggaran dana hibah yang diberikan oleh Pemda Tabalong berjumlah Rp4 miliar. “Untuk alokasinya, tertulis dalam naskah perjanjian bahwa tiga miliar rupiah untuk Polres Tabalong dan satu miliar rupiah untuk Kodim 1008/Tanjung,” ujarnya.

“Dana hibah ini nantinya akan kita gunakan dalam kegiatan pengamanan, dalam rangka mensukseskan pelaksaanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabalong Tahun 2018. Dengan dana ini tentunya akan menjadi tanggungjawab moril bagi Polres dan Kodim 1008 Tanjung untuk mempertanggungjawabkan setiap rupiah yang digunakan,” terang Hardiono.

Sementara itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, berharap bahwa dengan adanya dana hibah ini Polres Tabalong maupun Kodim 1008 Tanjung bisa melakukan pengaman Pilkada secara maksimal. “Kami harap pengaman ini betul-betul bisa mendukung terlaksananya Pilkada Kabupaten Tabalong Tahun 2018 secara jujur, adil, dan demokratis,” harapnya.

“Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabalong tahun 2018 ini merupakan pesta demokrasinya masyarakat Tabalong. Ini sebagai pesta tentunya, kita harus menciptakan suasan yang nyaman, dan aman. Sehingga masyarakat kita yang mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin,” demikian pungkas Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani hari itu.

Sebelumnya, untuk mengamankan seluruh tahapan kegiatan menghadapi Pemilukada/Pilkada Tahun 2018 di Kabupaten Tabalong ini, Polisi Resort (Polres) Tabalong telah mempersiapkan 624 personil, dengan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Obor 2018 di halaman Pendopo Bersinar.

Tidak hanya pasukan, seluruh sarana dan prasarana, baik dari mobil, motor semuanya telah siap dioperasikan, begitu juga anggota baik dari TNI, Polri, Kesehatan, BPBD, semua telah siap (ready), dalam rangka mensukseskan semua rangkaian tahapan pemilu, termasuk mengamankan pendaftaran, dan sebelumnya juga telah mengamankan sidang Pleno KPU.

Dari jumlah personil yang telah disiapkan terdiri dari TNI, Polres tetangga, yakni Polres Balangan, Hulu Sungai Utara (HSU) dan Hulu Sungai Selatan (HST). Begitu juga anggota Linmas kita siappan berjumlah 1.208 orang personil, yang nantinya akan ditugaskan keseluruh TPS di Kabupaten Tabalong.

Dari 604 TPS yang ada di Kabupaten Tabalong, ada katagori Rawan 1, indikasinya karena jarak tempuh yang terlalu jauh, seperti Dambung Raya yang menggunakan jarak tempuh 112 kilometer, kalau wajar menggunakan waktu 4 sampai 5 jam perjalanan, karena ini medan yang sulit, apalagi sedang musim hujan.

Selain itu, Pemkab juga telah membantu aparat Kepolisian dan TNI yang terlibat dengan memberikan bantuan berupa sepeda motor oleh Pemkab Tabalong, tentu ini akan sangat mendukung sistem akomodasi untuk keatas (dambung dan sekitarnya. Red), juga dari 14 katagori rawan 1, ada 10 berada di Kecamatan Bintang Ara, 4 di Kecamatan Muara Uya dengan pola pengamanan juga beda, kalau di TPS biasa 1 Polri, 2 Linmas per-TPS, jika rawan kita pakai pola 212 (2 Polri, 1 TPS dan 2 Linmas), “ jelas Hardiono didampigi seluruh instansi terkait. (ros/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua