• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Pemko Angkat Seminar Kesra Dampak Internet Bagi Generasi Muda

SEMINAR DAN SOSIALISASI –Kegiatan seminar yang dibuka Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS, Perwakilan Ketua MUI Kota Banjarmasin Rasidi Umar, Perwakilan Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Plt. Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Khairil Hidayat dan Peserta Seminar juga Sosialisasi Brigade BKPRMI Banjarmasin yang dibuka Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Drs H Hermansyah, MM. Dengan menghadirikan narasumber sosialisasi ini : Aep Ruhya, S.Sos, M.AP (Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin) dengan materi Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. (KP/Istimewa)
SEMINAR DAN SOSIALISASI –Kegiatan seminar yang dibuka Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS, Perwakilan Ketua MUI Kota Banjarmasin Rasidi Umar. (KP/Istimewa)

Banjarmasin, KP – Bagian Kesra Setdako Banjarmasin menyelenggarakan Seminar dengan Tema “Dampak Internet Terhadap Perilaku Generasi Muda Islam” di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Selasa (26/7) yang dibuka Staf Ahli Pemerintahan drh.

Rusmin Ardhalewa, MS, Perwakilan
Perwakilan Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Plt. Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Khairil Hidayat seminar merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Majelis Ulama (MUI) Kota Banjarmasin.

Karena sebagai organisasi keagamaan dimana di dalamnya bergabung ulama dan cendekian Muslim senantiasa peka terhadap fenomena kehidupan di masyarakat yang menyangkut kepentingan umat Islam, dan berusaha memberikan pokok pikiran dan tindakan solutif untuk memaslahatan umat.

Bahkan saat ini dunia maya dipenuhi berita dirilisnya Pokemon Go. Walaupun di launching di tiga negara tetapi dampaknya sudah mendunia. Sudah pernah dibahas sebelumnya bagaimana dampak teknologi informasi khususnya bagi generasi muda Islam termasuk para pelajar. Pelaksanaan seminar setahun yang lalu, tanggal 25 Maret 2015 mengangkat tema kompetensi kurikulum, mengacu kurikulum 2013 yaitu perlunya adanya penguatan dari bidang pendidikan budi pekerti.

Yang mengangkat dua topik pendidikan budi pekerti dan tauhid membentengi siswa dengan akhlakul karimah. Komposisi yang sudah tersusun perlu untuk dilaksanakan dan direalisasikan.

Ketua MUI Kota Banjarmasin Rasidi Umar, mengatakan seminar yang mangambil thema Dampak Internet Terhadap Perilaku Generasi Muda Islam yakni : 20 orang dari MUI Kota Banjarmasin, Guru Akidah Akhlaq Madrasah/Tsanawiyah 23, dan Guru Bimbingan Konseling SMA/Sederajat 43 orang.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang dibacakan oleh Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS, mengatakan  globalisasi di dunia teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dampak perkembangan teknologi internet dirasa sangat berpengaruh terhadap pola pikir generasi muda.

Bahkan, katanya, melemahnya peran agama menjadi salah satu penyebab perilaku negatif dalam peradaban modern. Hal ini disebabkan karena agama dianggap tidak memiliki kontribusi langsung bagi upaya mengejar kehidupan fisik-material. Maka hal yang dibutuhkan untuk memjawab permasalahan generasi muda islam sekarang ini yakni dengan memberikan pendidikan akhlak terhadap anak mulai dini agar bisa membentengi diri mereka, sehingga tidak terjerumus dalam arus globalisasi.

Seminar yang mengambil thema “Dampak Internet Terhadap Perilaku Generasi Muda Islam” menghadirkan nara sumber : Ichwan Arif, S.Kom, MM (Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kota Banjarmasin) dengan materi Regulasi Penggunaan Internet di Kota Banjarmasin, dan Dr. Mukhyar Sani, MA dengan materi Dampak Penggunaan Internet Terhadap Perilaku Generasi Muda Islam.

Kemudian dilanjutkan Sosialisasi Brigade BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin. Hadir pada acara ini Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin (Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalimantan Selatan) Drs. Hermansyah, MM, Plt. Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Khairil Hidayat, Perwakilan Direktorat Wilayah LPPTKA BKPRMI Kalimantan Selatan, Komandan Wilayah Brigade BKPRMI Provinsi Kalimantan Selatan dan Peserta Sosialisasi Brigade BKPRMI.

Sosialisasi ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Banjarmasin dengan BKPRMI Kota. Sedangkan peserta sosialisasi BKPRMI Kota Banjarmasin sebanyak 100 orang yang terdiri dari Brigade BKPRMI Provinsi Kalimantan Selatan, Brigade Daerah Kota Banjarmasin, Para Remaja Mesjid Kota Banjarmasin dan Ustad/Ustadzah TKA Kota Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina dalam sambutan dibacakan Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Drs. Hermansyah, MM, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan manfaat bagi para peserta untuk menambah pengetahuan tentang eksistensi, peran, fungsi dan tugas Brigade BKPRMI Kota Banjarmasin.

“Melalui kegiatan sosialisasi BKPRMI Se Kota Banjarmasin ini keberadaan BKPRMI bisa diketahui masyarakat sebagai bagian gerakan dakwah untuk kemajuan pemuda dan remaja islami”, ujar Ibnu Sina.
Pada akhir sambutan diakhiri dengan Pembukaan secara resmi Sosialisasi Brigade BKPRMI Kota Banjarmasin oleh Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Drs. Hermansyah, MM. Dengan menghadirikan narasumber sosialisasi ini : Aep Ruhya, S.Sos, M.AP (Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin) dengan materi Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.(vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua