• Hari ini : Rabu, 15 Agustus 2018

Pemko Gelar Rakor Ketersediaan Pangan

RAKOR PANGAN – Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan dan Harga Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Banjarbaru. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Siti Hamdah SP MT, membuka Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan dan Harga Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Banjarbaru, di Aula ULP, Rabu (9/5).

Hadir perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Bulog, Dinas Perdagangan, Dinas Sosial, distributor pangan dan SKPD terkait.

Menurut Siti Hamdah, rakor ini guna menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018. Maka diperlukan kesiapan serta persiapan ketersediaan pasokan pangan dan antisipasi kenaikan harganya.

“Agar masyarakat ekonomi menengah kebawah masih mudah mendapat pasokan pangan dengan harga seperti biasa serta menghindari lonjakan harga,’’ ucapnya.

Pemko Banjarbaru, lanjutnya, terus berupaya menjamin keamanan pasokan pangan dan lonjakan harga menjelang bulan Ramadhan dan mengadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018.

“Dan untuk ketersediaan bahan pangan di Kota Banjarbaru dinyatakan aman,’’ ujarnya.

Menurutnya, rakor ini perlu dilakukan agar bisa mengidentifikasi potensi dan permasalahan yang timbul dalam pengembangan cadangan pangan masyarakat, sekaligus mengadakan pembinaan, pengembangan alternatif peningkatan ketersediaan dan cadangan pangan. “Ketersediaan pangan pada intinya diarahkan pada pemenuhan pangan dengan memanfaatkan sumber daya alam. Agar ketersediaan pangan dapat diketahui perkembangannya setiap saat, perlu dilakukan pelaporan secara rutin dari waktu ke waktu, berkelanjutan,’’ tandasnya.

Dengan ketersediaan data yang ada, dapat dibuat langkah-langkah strategis guna meminimalis pengurangan produksi dan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan produksi.

“Menurut perkiraan, kebutuhan pangan pada bulan Hari Besar Keagamaan Nasional akan mengalami peningkatan,’’ tandasnya.

Adapun kesimpulan hasil rakor ini, untuk ketersediaan bahan pokok menghadapi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018, dinyatakan cukup. Sedang untuk bawang merah, kedelai serta gula, masih tergantung pasokan luar daerah. (wan/K-5)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua