• Hari ini : Selasa, 24 April 2018

Pemko-Pelindo MoU Pengembangan Pelabuhan Trisaksi

TEKAN MOU – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Direktur Utama PT Pelindo III, I Gusti Ngurah Ari Ashkara Danadiputra, menandatangani kerjasama MOU pengembangan Pelabuhan Pelindo III di ruang Rapat Berintegrasi Balai Kota Banjarmasin, Rabu (11/4).

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin bersama PT Pelindo III melakukan kerjasama dalam bidang usaha pengembangan kawasan industri dan kawasan terpadu di Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Penandatangan kerjasama (MoU) itu dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Direktur Utama PT Pelindo III, I Gusti Ngurah Ari Ashkara Danadiputra, di ruang Rapat Berintegrasi Balai Kota Banjarmasin, Rabu (11/4).

Bahkan dari data terhimpun, pengembangan kawasan industri dan kawasan terpadu di Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan itu berupa pembangunan Pelabuhan Trisakti Baru, di atas tanah yang luasannya sekira 400 hektare.

Dana investasi yang rencananya akan ditanamkan pihak PT Pelindo III dalam pembangunan pelabuhan tersebut mencapai Rp220 miliar, terdiri dari Rp200 miliar dari PT Pelindo dan Rp20 miliar dari Pelabuhan Trisakti.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, dengan adanya penandatangan kerjasama ini ke depannya Pelabuhan Trisakti Baru bisa menjadi salah satu kawasan strategis di Provinsi Kalsel.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini juga menyatakan, Pelabuhan Trisakti Baru yang akan dibangun itu, diharapkan bisa menjadi motor penggerak ekonomi Kota Banjarmasin dan Provinsi Kalsel.

“Kalau dulu di Kalimantan hanya ada dua pelabuhan khusus, yakni di daerah Batulicin dan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Dan kami ingin Pelabuhan Trisaksi Baru ini nantinya bisa juga menjadi kawasan strategis Kalsel,’’ katanya.

Sementara itu, I Gusti Ngurah Ari Ashkara Danadiputra menjelaskan, kerjasama yang dilakukan PT Pelindo III itu merupakan bentuk komitmen BUMN untuk ikut membangun daerah.

Dana yang dikucurkan untuk pembangunan Pelabuhan Trisakti Baru itu, terangnya lagi, jauh lebih besar dibanding investasi di daerah lain. “Mudan-mudahan investasi di kawasan Mantuil itu bisa cepat terealisasi,’’ pungkasnya. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua