Pemko Wajib Tingkatkan Komunikasi dan Transparansi

ditulis pada 11 Oktober 2017

Foto Ilustrasi. (google)

BANJARMSIN, KP – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, Dedi Sophian SE mengatakan, di era reformasi dan keterbukaan Pemko Banjarmasin diharapkan terus meningkatkan komunikasi dan transparasi dalam rangka untuk mempercepat tercapainya tujuan reformasi birokrasi.

“ Peningkatan komunikasi dan transparasi wajib harus terus diupayakan. Apalagi kaitannya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat,’’ kata Dedi Sophian.

Kepada KP, Rabu (11/10), ia menegaskan, Undang-Undang Nomor : 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah mengamanatkan, bahwa negara termasuk pemerintahan daerah berkewajiban melayani setiap warga negara untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya.

Amanat itu, lanjutnya, juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor : 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi yang salah satunya menginstruksikan kepala daerah meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“ Baik dalam bentuk jasa ataupun perizinan, melalui transparansi dan standarisasi pelayanan yang meliputi persyaratan, target waktu penyelesaian dan biaya yang harus dibayar oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,’’ ujarnya.

Anggota dewan dari F-PKB ini mengemukakan, selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) sangatlah dituntut untuk terus meningkatkan integritas, disiplin, serta motivasi kerja untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yaitu terciptanya masyarakat Indonesia yang adil dan sejehtera.

Terkait tujuan itu, ia mengingatkan, agar seluruh Satuan Organisasi Perangkat daerah (SOPD) di lingkungan Pemko Banjarmasin mentaati ketetapan waktu dalam pelaksanaan pelaporan, serta pertanggung jawaban kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai kegiatan yang telah diprogramkan.

Begitu pula, lanjutnya, dalam merealisasikan proyek pengembangan infrastuktur dan non struktur agar alokasi dana yang sudah dianggarkan untuk kepentingan masyarakat bisa terserap dengan maksimal.

Sehubungan dengan pelaksanan program kerja itu, ia juga meminta agar seluruh SOPD dapat meningkatkan efisien dan efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam upaya mewujudkan birokrasi yang baik dan profesional untuk meningkatkan kualitas pelayanan umum.

“ Tidak kalah pentingnya masing-masing diri kita harus menjadi pribadi yang ramah, santun dan bersifat mengayomi kepada masyarakat, jauhi sikap arogan serta jalin terus komunikasi dan transparansi, bangun integritas serta kerja sama yang efektif diantara seluruh elemen masyarakat untuk kemajuan pembangunan kota ini,’’ demikian Dedi Sophian. (nid/K-5)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.