• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

PEMVROP KALTENG GALI PEMBIAYAAN NON APBD

PALANGKA RAYA, KP — Kepada pers Pj.Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Jum’at (13/7), usai membuka sosialisasi percepatan penyediaan infrastruktur melalui kerjasama badan usaha. Kegiatan dihadiri Dirjen BUMN dan Kerjasama Hari.Nur Cahya Murni.

Dikemukakan sesuai aturan, Pemerintah Daerah diperkenankan mencari investor untuk menanamkan modal di berbagai bidang, seperti infraktruktur jalan, jembatan, pelabuhan dll.

Pasalnya dengan luas Kalteng yang mencapai 1,5 kali Pulau Jawa, membiayai percepatan pembangunan memerlukan anggaran yang sangat besar. Sementara itu keuangan daerah lewat APBD sangat terbatas, karena itu diperlukan sumber pendanaan di dari luar APBD.

Diharapkan melalui kegiatab sosialisasi di jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalteng itu ada investor segera mau menanamkan investasinya di Kalteng guna penyediaan inftastruktur daerah.

Dijelaskan infrastruktur yang dibangun pihak swasta itu, nantinya selain tidak menguras anggaran daerah, justru menguntungkan secara jangka panjang antara 25-30 tahun pasilitas itu menjadi milik daerah.

Pasca sosialisasi itu, semua instansi akan diundang untuk membahas masukan bidang apa saja yang membutuhkan pembiayaan pihak swasta. Misalnya bandar udara, kesehatan, pelabuhan dll.(drt/k-8).

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua