Pencanangan Kampung KB Terus Berlanjut

ditulis pada 12 Oktober 2017

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin dan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, buka selubung papan nama sebagai tanda diresmikannya kampung KB. (KP/Ist)

Paringin, KP – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Balangan terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa se kabupaten Balangan dilaksanakan di Desa Piyait kecamatan Awayan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Balaangan Hj Nursidah Ansharuddin, Rabu (11/10) kemarin.

Adapun desa yang terpilih menjadi kampung KB, Desa Batu Merah Kecamatan Lampihong, Desa Lamida Bawah kecamtan Paaringin, Desa Lingsir kecamatan Paringin Selatan, Desa Gunung Batu kecamatan Tebeng Tinggi, Desa Pemurus kecamatan Juai dan Desa Marajai kecamatan Halong serta Desa Piyait kecamatan Awayan.

Sedangkan untuk kecamatan Batumandi pencanangannya dilakukan pada tahun 2016 lalu dan terpilih Desa Guha sebagai kampung KB.
Hadir dalam acara tersebut, Kabit Litbang BKKBN Kalsel, Mei Ratnawati, Ketua GOW Balangan Hj Ni’mawati Syaifullah, Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Kav. Arya Sagita Saleh, Wakil Ketua DPRD Balangan M Noor Iswaan, Kapolsek Awayan Iptu Agus, sejumlah Kepala SKPD, Forkopimka serta para kepala desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program  KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.

“Kampung KB merupakan salah satu bentuk (model, red) miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terangnya.

Ditambahkannya, kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera.

Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu,” lanjut Bupati.
Menurut bupati, tahun 2015-2016 pertumbuhan daerah kita sebesar 1,83 persen atau dengan kata lain terdapat pertumbuhan penduduk sebesar 2.280 orang.

Kepala Desa Piyait Abubakar berharap dengan adanya pencanangan kampung KB di desanya ini bisa menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa Piyait menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera.

Pencanagan kampung KB di Desa Piyait kecamatan Awayan ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin, dilanjutkan dengan penandatangan tujuh prasasti desaa program kampung KB, disaksikan para undangan. (jun/K-6)

 

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.