• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Pengendalian Hama Penyakit Optimalkan Hasil

SEMAI BENIH – Dilakukan anggota TNI dan petani di Kotabaru. (KP/Andi)
SEMAI BENIH – Dilakukan anggota TNI dan petani di Kotabaru. (KP/Andi)

Kotabaru, KP – Guna mengoptimalkan hasil produksi pertanian, pertanian padi sawah pada khususnya, (21/11), lalu Kepala Laboratorium Proteksi   Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) wilayah Tanah Bumbu dan Kotabaru, Fahmi bersama dengan, Danramil Kecamatan Kelumpang Selatan, Zulkifli, Dinas Pertanian Kotabaru serta anggota Gabungan kelompok tani Kayuh Baimbai Kecamatan Kelumpang Hilir melakukan kegiatan pengendalian hama tikus.

Mengambil lokasi di lahan seluas 19 hektar yang berada di Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, pengendalian hama dan penyakit tanaman khususnya untuk hama tikus dilaksanakan di masa awal tanam padi.
Fahmi mengungkapkan bahwa program pengendalian hama khususnya hama tikus merupakan program untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkan hama tikus, yang berakibat mengurangi hasil produksi padi.

“Diharapkan dengan adanya program pengendalian hama dan penyakit mampu meminimalisir kerugian petani yang diakibatkan kerusakan tanaman oleh hama, khususnya tikus,” ujarFahmi.

Marno, salah satu anggota kelompok tani mengungkapkan selain masalah hama tikus, permasalahan yang krusial adalah ketersediaan air.
“Kami mengharapkan ada irigasi atau embung untuk mengatasi masalah ketersediaan air,” ujarMarno.

Sementara itu Siti Sa’adah coordinator Pengendalian Hama dan Penyakit Kabupaten Kotabaru menyatakan dengan diberikannya bantuan obat obatan hama dan penyakit khususnya tikus diharapkan semakin memotivasi para petani dalam melaksanakan kegiatan pertanian sehingga mendapatkan hasil yang optimal, pungkasnya. (hms/and/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua