• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Penghargaan Bukanlah Tujuan Akhir

Walikota Nadjmi memegang piala Adipura Kirana, tahun depan optimis Adipura Paripurna.
Walikota Nadjmi memegang piala Adipura Kirana, tahun depan optimis Adipura Paripurna.

Banjarbaru, KP – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Banjarbaru Ir Fahrudin mengatakan, nilai yang diraih Banjarbaru memang sudah memenuhi standar, sehingga ditetapkan sebagai peraih adipura kirana.
“Nilainya bagus dan memenuhi standar seperti Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah, perumahan, juga sekolah dan kebersihan pasar yang dinilai bagus,” ujarnya kemarin.

Menurut Fahrudin, hal terpenting dalam pengelolaan kebersihan lingkungan, penghargaan bukanlah tujuan utama atau akhir. Penghargaan hanya bonus. Ada hal yang lebih penting, yakni karakter kuat, perilaku masyarakat yang secara sadar tidak membuang sampah sembarangan, sadar membersihkan got di sekitar rumahnya, sadar mengelola limbah usaha rumah sakit, rumah makan, bengkel, warung, pedagang kecil, pabrik tahu, ternak, sadar membuang sampah pada waktunya di TPS-TPS.

“Artinya ini perilaku masyarakat yang cinta kebersihan, sehingga mau dinilai kapanpun, selalu siap” tandasnya.

Sebelumnya Walikota Nadjmi Adhani didampingi Kepala BLH Ir Fakhruddin dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Rustam Effendi menerima Adipura Kirana kategori Kota Sedang dari Wakil Presiden R Jusuf Kalla di Kabupaten Siak Provinsi Riau, Jum’at kemarin yang juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup Ir Siti Nurbaya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua