Pengurus Bumdes Se-Tapin Utara Ikuti Pelatihan

ditulis pada 13 Oktober 2017

PELATIHAN – Pengelolaan Bumdes di aula Kantor Kecamatan Tapin Utara, diikuti para pengurus Bumdes se Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin. (KP/HM Baseri)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bekerjasama dengan Kecamatan Tapin Utara gelar “Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus Bumdes Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Bertempat di Aula Kecamatan Tapin Utara pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Bumdes program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa digelar se kecamatan Tapin Utara belum lama tadi di Rantau.

Guna meningkatkan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) acara pelatihan peningkatan kapasitas Bumdes di buka secara resmi oleh Camat Tapin Utara Syamsul SSos dan dihadiri oleh seluruh pengurus Bundes se-Kecamatan Tapin Utara.

Dalam sambutannya Camat Tapin Utara Syamsul SSos mengatakan, dalam rangka melaksanakan amanat UU dalam program nasional pemberdayaan desa kegiatan pelatihan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengurus BUMDES.

Pelatihan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes Program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa se-Kecamatan Tapin Utara menghadirkan nara sumber Kabid Pembangunan dan Pengembangan Ekonomi Desa dari Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tapin.

“Sebanyak 12 ( dua belas) desa diwilayah Kecamatan Tapin Utara akan mengikuti pelatihan selama dua hari ,” Ungkap Camat Tapin Utara.
Diharapkan selama mengikuti pelatihan selama dua hari para peserta dapat mencermati apa yang disampaikan oleh nara sumber serta pengurus Bumdes dan diharapkan dapat bersinergi dengan semua pihak baik Kepala Desa, Aparat Desa agar Bumdes bisa maju.

” Jika sudah dapat mengelola banyak cabang usaha dengan aset milyaran rupiah bayangkan keuntungan yang dihasilkan desa dalam mendukung pembangunan.” Ungkap camat Samsul, S,Sos.

Dikatakannya pula melaui Bintek ini, diharapkan kurangnya pemahaman dan pengentahuan masyarakat tentang pengelolaan Bundes, dari masing-masing pengurus Bumdes nantinya apat mengetahui berbagai aturan hukum yang ada dalam pelaksanaan Bumdes.

“Selama ini para pengurus BUMDES dirasakan belum menguasai tugas, fungsi dan wewenangnya sebagai pengurus, sehingga pelatihan tersebut perlu dilakukan, saya berharap melaui pelatihan ini, kapasitas mereka bisa meningkat.” Pungkasnya.

Kegiatan Bintek rencananya akan dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar tingkat pemahaman terhadap tugas dan fungsi mereka selaku pengurus BUMDES.” pungkas Syamsul dalam arahannya. (ari/K-6)

 

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.