• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Penumpukan Arus Balik Kapal Laut Jumat dan Sabtu

BANJARMASIN, KP – Menurut para petugas lapangan di Posko Lebaran Mudik Laut Pelabuhan Trisakti, KSOP Kelas I Banjarmasin, Riswanto penumpukan arus balik penumpang kapal laut asal Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin akan terjadi pada tanggal 23 dan 24 Juni 2018.

Dari pantauan wartawan dilapangan Kamis (20/6) di Pelabuhan Trisakti kondisi Terminal Penumpang terlihat lenggang karena tidak ada armada kapal yang akan masuk di Pelabuhan Trisakti, hanya terlihat beberapa anak buah agen kapal dan petugas Kepolisan yang sedang berjaga-jaga.

Menurut Riswanto, hari ini tidak ada kapal roro yang sandar sehingga pelabuhan dan terminal sangat sepi, dimana sebelumnya hari Rabu (20/6) ada kapal roro DLU KM Kirana IX ada membawa sekitar 681 penumpang terdiri 556 dewasa dan 105 anak serta bayi 20 orang.

Pada hari Jumat (22/6) akan sandar kembali sebanyak 2 kapal roro yakni KM Kumala dan KM Nicki Sae yang akan juga cukup banyak membawa penumpang balik namun jumlahnya belum ada laporan karena menivesnya belum diserahkan pihak agen kapal.

“Gelombang puncak arus balik pengguna kapal laut saya prediksi akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini (23/6) karena semua akan masuk kerja seperti biasanya dan juga anak-anak sudah akan mulai masuk sekolah,” jelasnya kepada wartawan.

Posko Gabungan Mudik Lebaran Bersama di Pelabuhan Trisakti ini akan berakhir pada tanggal 1 Juli atau H+15.

Ifit salah satu petugas lapangan Pelindo III Banjarmasin kepada wartawan mengatakan, biasanya arus balik dipelabuhan Trisakti ini akan berlangsung lama hingga 1/2 bulanan beda dengan arus balik dibandara udara yang berlangsung serentak.

Biasanya arus balik kapal roro ini secara bertahap yang mengikuti kapal yang masuk ada sekitar 300 sampai 500 penumpang yang datang dari anak-anak kecil hingga orang deawasa.

Selain itu, lanjut Ifit penumpukan arus balik di Pelabuhan Trisakti ini sudah berkurang dari tahun ke tahunnya karena sudah terbagi-bagi dimana Pelabuhan Kumai, Kotabaru dan Sampit juga aktif.

“Alhamdulillah kondisi gelombang di Laut Jawa juga sangat stabil dan bersahabat ketika arus mudik lebaran dan balik dimulai sehingga tidak ada satu kapal roropun yang terlambat datangnya,” tegasnya.

Sementara, Kepala Cabang DLU Banjarmasin, Anton Wahyudi menjelaskan, kapal roro milik DLU terus siap mengantar arus balik sesuai jadwal kedatangan kapal, apalagi saat ini para penumpang kapal sangat dimudahkan dengan pembelian tiket online jadi tidak harus datang lagi kekantor DLU dalam pesan tiket mudik dan baliknya.

Arus mudik tahun ini memang ada kenaikan dibanding tahun lalu namun arus baliknya akan berlangsung lama seperti tahun-tahun lalu karena banyak juga keluarga yang akan bertahan disana sambil melaksanakan Lebaran Ketupat dan Syawalan dikampung halamannya. (hif/K-7)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua