• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Perencanaan Pembangunan Banjarmasin Harus Matang

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin diminta dalam melakukan perencanaan pembanguan harus yang matang dan disinkronkan pelaksanaan dengan kegiatan pembangunan di daerah Provinsi Kalsel. Karena jika perencanaan matang, hasilnya pekerjaannya tidak menjadi sia-sia atau tidak tepat sasaran.

Sekretaris Inspektorat Pemerintah Provinsi Kalsel, Drs Sulkan mengatakan, untuk mencapai itu tentu perlu ada tindakan khusus yang dilakukan. Salah satunya dengan melakukan review secara terus menerus terhadap sebuah perencanaan.

“Review itu kalau di SKPD merupakan tanggung jawab pimpinan SKPD, mereke harus memastikan rencana kinerja selaras dengan rencana RKPD dan RPJMD,’’ ujarnya usai menjadi narasumber di kegiatan Sosialisasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemkot Banjarmasin, Rabu (10/1).

Mantan anggota Panwaslu Kalsel ini juga menambahkan, merencanakan sebuah kegiatan maupun pembangunan harus berorientasi terhadap hasil pencapaian itu sendiri, dengan cara membuat strategi dan program-program pendukung yang berfungsi sebagai penunjang untuk menuju tercapainya rencana tersebut.

Sebab, berdasarkan evaluasi dari Kementerian Dalam Negaru RI. Di Pemerintah Daerah masih banyak ditemukan rencana kerja dan pembangunan yang kurang bermanfaat bagi masyarakat.

“Masih banyak kegiatan yang tidak bermanfat, kurang efektif dan efisien. Seharusnya kita merencanakan pembangunan menjawab apa yang menjadi kepentingan masyarakat,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banjarmasin Drs H Sugito menuturkan, pihaknya sengaja melakukan Sosialisasi RKPD untuk Pemko Banjarmasin, mengingat berdasarkan Permendagri nomor 86 tahun 2017 Tentang Tahapan Penyusunan Rancangan Daerah, sebelum menyusun rencana tahunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD harus dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Agar kinerja pemerintah kota semakin baik, dan atas dasar Permendagri kalau kami harus melakukan kegiatan ini,’’ demikian Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banjarmasin Drs H Sugito. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua