• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Perjuangan Untuk Banua Tidak Pernah Berakhir

BANTUAN – Diserahkan Plt Bupati Tabalong saat Peringatan HTU ALRI. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Jika dulu para pejuang harus mengangkat senjata untuk memepertahankan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia (NKRI), setelah berhasil, sekarang perjuangan terus berlanjut meski dalam ruang, waktu dan dimensi yang berbeda.

Hal itu, diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tabalong DR H Zony Alfianoor SE Akt MM, saat membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Taman Giat Kota Tanjung, belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Zony, perjuangan untuk negeri dan banua, tidak pernah berakhir. Selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. “Perjuangan akan terus berlanjut, meski dalam ruang, waktu dan dimensi yang berbeda,” ujarnya.

“Saat ini yang diperjuangkan adalah memberantas kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan. Berjuang untuk menghijaukan kembali Banua, dengan Gerakan Revolusi Hijau, berjuang memerangi narkoba, meningkatkan kesejahteraan rakyat, berjuang mewujudkan kemakmuran, serta berjuang memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa,” jelas Zony Alfianoor.

Dijelaskan Zony, bahwa proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sebuah pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia, bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel, benar-benar ada. Divisi ini mempunyai kekuatan serta mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah Republik Indonesia. Walaupun secara de facto, saat itu Kalimantan berada di bawah penjajahan Belanda.

Peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tidak hanya menjadi momentum mengenang perjuangan pahlawan,Nnamun harus menjadi wahana introspeksi dan perenungan untuk melanjutkan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu. “Setiap memperingati hari bersejarah ini, kita semua harus dapat meneladani semangat perjuangan dan kegigihan dari pendahulu kita dalam mempertahankan NKRI,” ujarnya.

“Peneladanan tersebut diwujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, untuk bergerak, berjuang gelorakan rakyat menjadikan Kalsel sebagai daerah yang sejahtera, berkeadilan, mandiri dan terdepan,” ujar Zony saat membacakan sambutan Gubernur Kalsel hari itu.

Dalam kegiatan yang bertemakan “Kita Mantapkan Semangat NKRI Sebagai Pilar Pembangunan Bangsa” dipimpin langsung oleh Plt Bupati Tabalong DR H Zony Alfianoor SE Akt MM, sebagai inspektur upacara. (ros/K-6)

 

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua