• Hari ini : Minggu, 21 Januari 2018

Perpustakaan Terima Bantuan 1500 Buku

Nampak tumpukan 1500-an buku merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional kepada Perpustakaan dan Arsip Daerah Barito Selatan.
Nampak tumpukan 1500-an buku merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional kepada Perpustakaan dan Arsip Daerah Barito Selatan.

Buntok, KP – Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Barito Selatan H Ardi mengatakan, tahun 2016 ini pihaknya telah mendapat bantuan 1500-an buku dari Perpustakaan Nasional.

H Ardi berharap bantuan semacam ini tahun depan bisa didapatkan lagi, mengingat kebutuhan akan buku di instansi yang dia pimpin masih perlu penambahan.

Dia mengungkapkan, kendati saat ini arus informasi melalui jaringan internet sedang diminati masyarakat, namun pihaknya selalu berupaya membangkitkan minat baca masyarakat Barsel juga melalui buku-buku  bacaan.

“Kendati kita telah menyediakan fasilitas komputer dan internet gratis. Namun tetap saja kita mengutamakan buku sebagai bahan bacaan,’’  ucap H Ardi kepada Kp, Jum’at (2/12) dikantornya.

Menurut dia, untuk menarik dan mempertahankan minat baca di masyarakat, pihaknya telah melakukan berbagai promosi, baik melalui pemasangan spanduk maupun iklan.

Diakuinya, koleksi buku-buku yang ada di Perpustakaan dan Arsip Daerah Barsel cukup beragam. Mulai buku dunia pertanian, peternakan, perkebunan bahkan sampai buku tata busana pun ada.

“Ini cara kita agar masyarakat mau datang ke perpustakaan dan mau

membaca. Sehingga di samping mencari referensi di buku, mereka bisa mencari bahan referensi di internet gratis yang kita siapkan,” akuinya.

Langkah lainnya sambung Ardi, pihaknya juga setiap minggu berkeliling menggunakan mobil operasional ke sekolah-sekolah, atau lebih dikenaldengan perpustakaan keliling.

Khususnya sekolah yang berada di wilayah kecamatan Dusun Selatan.

“Kita harap bukan pelajar saja yang datang ke perpustakaan, namun masyarakat luas pun bisa. Semisal petani yang hendak mencari referensi tentang pertanian, sah-sah saja datang ke sini,’’ ucapnya.(adi/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua