Personil Polda Melakukan Tari Maumere

ditulis pada 12 Agustus 2017

Banjarbaru, KP – Kapolda Kalsel, Brigjen POlisi Rachmat Mulyana meminta kepada semua pihak agar bersama-sama meminimalisir kebakaran hutan dan lahan.

“Kita berharap agar tidak terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini. Di samping itu dibutuhkan komunikasi karenakan merupakan langkah awal kecepatan untuk bertindak jika terjadi kebakaran hutan dan lahan,’’ ujarnya pada gelar pasukan Satgas Penangulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalsel tahun 2017 berlangsung di Lapangan Sarpas Ditlantas Polda Kalsel Jalan A Yani Km 21 Landasan ulin, Jumat (11/8/).

Usai apel gelar pasukan, para personil Polda Kalsel melakukan Tari Maumere sesuai arahan Kapolri, Jenderal Polisi Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD.

Tentunya itu pula kaitan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72.

Pada bagian lain disebut, kegiatan terkait penanggulangan Karhutla bukan hal yang asing, dengan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi tersebut praktis dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan agar berkurang bahkan mungkin tidak terjadi.

“Sama halnya di tahun 2017 ini kita bisa meminimalisir dan mencegah karhutla agar tidak terjadi,’’ ujarnya.

Kapodak meminta kepada para Kapolres dan Kapolsek jajaran agar segera berkoordinasi dengan Kecamatan untuk kesiap siagaan di tiap – tiap Kecamatan karena lebih mengetahui Desa mana yang memiliki peluang terjadinya Karhutla.

Setelah itu para Bhabinsa dan para Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan karena sebagai ujung tombak di sebagian desa.

Tentunya kegiatan penangulangan karhutla ini membutuhkan suatu kerja keras agar semuanya pihak dapat terlibat, khusus masyarakat yang di wilayah Kalsel.

“Perlu adanya langkah-langkah kongkrit dari semua stake holder yang terlibat baik pemerintah, TNI dan Polri, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla dengan melakukan upaya atau pencegahan secara preventif melalui penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,’’ ujar Kapolda. (K-4)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.