Pertanian Tak Hanya Menanam, Namun Juga Memasarkan

ditulis pada 11 September 2017

HASIL KARET – Salah satu penghidupan masyarakat Tabalong.

Tanjung, KP – Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, termasuk kesejehteraan petani, sehingga Dinas Pertanian diminta tidak hanya ahli dalam menanam, namun ahli juga dalam memasarkan.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, usai membuka kegiatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat, belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Anang, kegiatan Pemkab Tabalong dengan mebuka pasar hasil pertanian hanya untuk percobaan, “Ini hanya test saja, untuk seterusnya aku minta pasar petani itu bisa digelar setiap hari minggu di Mabuun,” ungkapnya.

“Saat ini, kita juga akan membangun pasar agri bisnis di Kembang Kuning, ini tahap pertama adapun yang menjadi tahap kedua, nanti akan dibangun disekitar Kecamatan Jaro, atau Kecamatan Muara Uya, sehingga hasil pertanian itu bisa dijual dipar petani,” terang Anang

Selebihnya, orang nomor satu di Kabupaten Tabalong ini juga mengungkapkan bahwa ternyata pernyataan yang sempat mengemuka beberapa tahun yang silam bahwa Kabupaten Tabalong tidak mempunyai hasil kebun sayur sendiri, tidak sesuai kenyataan,

“setelah kita adakan percobaan pasar hasil pertanian, ternyata semuanya (jenis sayur. Red) ada di kita, dulu orang beranggapan sayur saja kita harus mendatangkan dari daerah tetangga, ternyata kita juga punya,” ujarnya.

“Saat ini yang terpenting bagaimana sekarang kawan-kawan kita yang ada di lingkungan Dinas Pertanian, agar tidak hanya hebat dalam dibidang menanam, namun juga hebat dibidang memasarkan,” pungkas Bupati Tabalong seraya meyakinkan bahwa kegiatan pemasaran tersebut tidak akan tumoang tindih dengan kegiatan dinas lainnya seperti dinas perdagangan dan lainnya. (ros/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.