Petani Muda Tapin Belajar Ke Jepang

ditulis pada 27 Mei 2017
PAMIT – Serta minta dukungan dilakukan Abdi Jaya Putra Solihin petani muda asal kabupaten Tapin yang akan berangkat mengikuti program Diklat Pertanian ke negeri Sakura Jepang saat menghadap Bupati Tapin.

PAMIT – Serta minta dukungan dilakukan Abdi Jaya Putra Solihin petani muda asal kabupaten Tapin yang akan berangkat mengikuti program Diklat Pertanian ke negeri Sakura Jepang saat menghadap Bupati Tapin.

Rantau, KP – Abdi Jaya Putra Solihin petani muda asal kabupaten Tapin diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti program belajar tentang pertanian.

Abdi Jaya Putra Solihin seorang lulusan SMKN 1 Tapin Selatan yang sehari-harinya tidak canggung mengelola lahan pertanian yang penuh dengan tanah basah dan berlumur mengikuti jejak sang ayah yang bertahun-tahun juga mengolah tanah pertanian dan termasuk seorang petani andalan di daerah ini.

Kesempatan yang baik dan menguntunmgkan ini akan dijalani oleh Abdi Jaya Putra Solihin ke negeri Sakura Jepang  untuk mendalami ilmu-ilmu pertanian, dari jiwa dan bakat dalam bidang pertanian ini mendapat tawaran dari negeri Sakura Jepang melalui tawaran pendidikan dan latihan (Diklat) kewirausahaan petani muda yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang.

Diklat ini semula diikuti oleh Abdi Jaya Putra Solihin dan mendapat pridikat 10 besar peserta terbaik, dan dilanjutkan lagi Diklat tahap kedua sehingga masuk dalam lima terbaik, atas terpilihnya Abdi Jaya Putra Solihin dalam program Diklat pertanian ke Jepang ini pada seleksi para petani muda berusia dibawah 25 tahun maka dirinya berkesempatan untuk mengikuti Diklat magang ke Jepang yang dilaksanakan oleh PPMKP di kabupaten Ciawi Bogor Jabar.

Diklat ini rencananya akan berlangsung selama dua minggu di Jepang dan ia pun sudah berhasil mengikuti seleksi/tes  pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh termasuk pemeriksaan umum dn dari hasil pemeriksaan tersebut ia sudah dinyatakan lulus administrasi dan berkesempatan untuk mengikuti Diklat Pertanian ke negeri Sakura Jepang.

Dan untuk Kalimantan Abdi Jaya Putra Solihin adalah satu-satunya peserta sedangkan dari daerah lain juga akan mengikutinya secara bersama-sama.

Sebelum berangkat ke negeri Sakura Jepang Abdi Jaya Solihin Putra di dampingi kepala dinas Pertanian kabupaten Tapin H. Masyaraniansyah, SP MP bersama sekretaris Dinas Pertanian kabupaten Tapin, Wagimin SP berpamitan dengan bupati tapin  Drs. HM. Arifin Arpan MM di runag kerjanya belum lama tadi.

Dalam kesempatan itu bupati Tapin merasa bangga dan senang ada anak dan putra daerah Tapin yang akan mengikuti program Diklat pertanian ke negeri Sakura Jepang.

“Karena ini saya sangat senang dan memberikan dukung penuh serta berharap dapat mengikuti program Diklat Pertanian ini dengan baik dan dapat diterapkan ke daerah,” ungkp bupati Tapin.

Menurut bupati Tapin bahwa kabupaten Tapin adalah daerah pertanian, karena ia mengharapkan dengan adanya petani-petani muda di daerah ini maka program pembangunan pertanian akan semakin maju dan meningkat lagi. (ari/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.