• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Pimpinan dan Anggota DPRD Katingan Sambut Kunker DPRD HSS

Wakil Ketua II DPRD Katingan, Al-Fujiansyah menyambut kedatangan anggota dewan komisi I HSS

KASONGAN – Unsur pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan sambut baik atas kunjungan kerja (kunker) ketua komisi I DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) – Kandangan Provensi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (11/10) pagi kemaren, di ruang rapat gabungan DPRD setempat.

Adapun tujuan kunjungan tersebut, menurut ketua DPRD kabupaten Katingan, Ignatius Mantir L Nussa, adalah untuk menyamakan persepsi tentang tata tertib (tatib) DPRD di semua Kabupaten di seluruh Indonesia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018, yang secara kebetulan untuk DPRD Kabupaten Katingan saat ini sudah dilakukan pembahasannya. “Sekarang tatib sudah dilakukan pembahasan dan hari ini diparipurnakan, yang hasilnya nanti akan diajukan kepada Gubernur Kalimantan Tengah,” aku legislator PDI Perjuangan ini.

Intinya menurut Mantir tatib DPRD yang sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2018 ini berbeda dengan tatib sebelumnya. Misalnya tatib DPRD yang mengatur tentang jadwal sejumlah persidangan atau agenda yang menyangkut kegiatan di DPRD. “Kalau tatib yang dulu, setelah jadwal ditetapkan pada rapat badan musyawarah (banmus), agendanya bisa langsung dilaksanakan. Tapi, tatib yang ada sekarang, setelah jadwal ditetapkan, sebelum melaksanakan agenda, unsur pimpinan dan anggota DPRD wajib melaksanakan paripurna penetapan jadwal yang dibuat banmus tersebut terlebih dahulu,” terangnya.

Contoh lainnya, lanjutnya, seandainya terjadi Bupati atau Wakil Bupati berhalangan tetap, di dalam tatib juga diatur bagaimana tata cara pemilihannya, termasuk juga terjadinya perubahan jadwal, tidak diperbolehkan lagi langsung menjadwalkan kembali ataupun melanjutkan agenda dengan sendirinya, tapi diwajibkan untuk memberikan pengesahan terhadap jadwal yang telah dibuat tersebut melalui paripurna.

Memang dirinya mengakui, kalau untuk tatib di beberapa Kabupaten dan Kota di luar Kalimantan Tengah belum diparipurnakan, sehingga mereka juga perlu belajar sambil sharing dengan DPRD Kabupaten Katingan. “Meskipun kita sudah rangkum pembahasan tatib dimaksud, namun kita juga sebelumnya pernah beberapa kali kunjungan ke beberapa DPRD Kabupaten di luar daerah untuk mempelajari tatib yang akan kita laksanakan mulai awal November 2018 ini,” aku anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meluputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Isn/K-8).

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua