• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

PKK Tapin Ikuti Sosialisasi Konservasi Energi

SOSIALISASI – Konservasi Energi oleh dinas Pertambangan dan energi provinsi Kalsel di aula sekretariat PKK kabupaten Tapin dihadiri Ketua TP PKK kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arfin Arpan SIP bersama pengurus. (KP/H Basri)
SOSIALISASI – Konservasi Energi oleh dinas Pertambangan dan energi provinsi Kalsel di aula sekretariat PKK kabupaten Tapin dihadiri Ketua TP PKK kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arfin Arpan SIP bersama pengurus. (KP/H Basri)

Rantau, KP – TP PKk kabupaten Tapin ikuti dan hadiri sosialisasi konservasi energi yang dilaksanakan oleh dinas Pertambangan dan energi provinsi Kalimantan Selatan.

Bertempat diaula sekretariat TP. PKK kabupatenb Tapin kamis (15/9) kemarin Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Selatan laksanakan sosialisasi tentang konservasi energi dengan mengundang seluruh TP PKK se Kabupaten Tapin.

Sosialisasi ini bertujuan untuk penghematan energi dan air dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan SIP dan dihadiri oleh Ketua GOW Hj Diah Nila Purnama, Ketua DWP Hj Zubaidah Rahmadi, Kadistamben Provinsi yang diwakili Joko Winarko Kabid Distamben dengan nara sumber Ir Indri Riansari Kepala Seksi Sumber Daya Energi Distamben Provinsi Kalsel.

Dalam laporannya  Friet Sularso SE selaku Ketua Panitia pelaksana  mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang konservasi energi serta dalam rangka mensosialisasikan peraturan perundang-undangan. “ Dan memperluas wawasan masyarakat tentang penghematan energi dan mempererat kerjasama antara Kabupaten dan Provinsi”, ujar Friet Sularso.

Sambutan Kadistamben provinsi Kalsel yang dibacakan oleh Joko Winarko mengatakan, dengan minimnya sumberdaya energi sekarang ini, maka semua pihak  perlu bersama-sama melaksanakan penghematan energi melalui program konservasi energi secara nasional.

Seluruh jajaran pemerintahan baik Kementerian, Provinsi, Kota dan Kabupaten harus melakanakan penghematan energi terutama yang berkaitan dengan energi Fosil yang sudah sangat menipis.

“Kita berharap kedepan penggunaan minyak bumi dapat kita kurangi dan mengembangkan energi terbarukan untuk menggantikan energi fosil “, ungkap kadistamben provinsi Kalsel  dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tapin untuk dapat berhemat, “jika sudah siang hari lampu-lampu harus dimatikan, sehingga kelebihan energi dapat dipergunakan untuk keperluan yang lain”, ungkap Hj Ratna Ellyani.

Dikatakannya pula atas terlaksananya sosialisasi penghematan energi ini, kita TP PKK beserta jajaran sangat menyambut gembira, karena bagaimanapun program penghematan energi ini merupakan program nasional yang harus di dukung bersama.

Menurut Hj Ratna Ellyani SIP, energi merupakan kebutuhan yang mendasar, dimana hampir seluruh aspek kehidupan membutuhkan energi, semakin sejahtera suatu masyarakat maka akan semakin banyak membutuhkan energi.

“Maka untuk itu sudah sewajarnyalah kita harus berhemat untuk menggunakan energi dengan seperlunya saja”, tandas  Hj Ratna.
Sedangkan Ir Indri Riansari dalam penyampaian materinya mengatakan, terkait penggunaan mobil dinas pada saat hari libur tidak di perbolehkan, karena bisa dikenakan denda yang mencapai 1 Milyar rupiah.

“Begitu pula pemakaian listrik yang berada diluar jalur resmi PLN semua akan diawasi, baik untuk PJU dan perumahan yang belum melaporkan kepada PLN menjadi tanggung jawab Pemda untuk pembayaran segala beban yang dikeluarkan”.ungkapnya.

“Sedangkan untuk penggunaan AC harus yang hemat energi (berteknologi inventer), serta dalam penggunaan air minum harus se-efisien mungkin dalam rangka kita melakukan penghematan sumber, sehingga program konservasi energi ini dapat kita rasakan manfaatnya bersama-sama.” Tambahnya.

Sementara itu pada kesempatan itu pula diserahkan sebuah Tropy dan uang pembinaan Kepada Desa Terbaik II Lomba Desa Percontohan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP yang diterima oleh Ketua TP PKK Desa Budi Mulya Kecamatan Lokpaikat dan didampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Lokpaikat. (ari/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua