• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

PLN Bersih-bersih Ranting Pohon

1-perbaiki-2klm

Banjarmasin, KP – PLN rayon A Yani coba melakukan antisipasi. Sebab, di tengah cuaca yang ekstream seperti saat ini, pasokan aliran listrik berpotensi terganggu. Karena seperti diketahui, akhir-akhir ini curah hujan disertai angin kencang cukup tinggi.

Oleh karenanya, ranting-ranting pohon yang menyentuh kabel aliran listrik pun coba dibersihkan. Pembersihan ini dilaksanakan, Selasa (29/11). Ada beberapa titik yang menjadi target puluhan petugas PLN dalam melakukan pembersihan itu.

Di antaranya adalah Jalan A Yani, Jalan Pangeran Antasari, Jalan RK Ilih hingga kawasan Pekauman Banjarmasin Selatan.

“Kegiatan ini untuk kehandalan sistem jaringan listrik PLN. Dasarnya hasil evaluasi gangguan saat cuaca ekstrem dan menjaga kehandalan saat natal dan tahun baru,’’ jelas Manajer PLN rayon A Yani, Winardi.

Ditambahkan Winardi, penebangan ranting pohon yang menyentuh kabel listrik ini sendiri, sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 tahun 2012. Sehingga dengan dasar itulah PLN bisa melakukan penebangan pohon.

Hanya saja, tambah Winardi, pihaknya juga tidak asal tebang. Artinya, tetap memperhatikan mana-mana pohon yang ditanam pemerintah untuk penghijauan maupun pohon milik warga sekitar.

“Yang kami potong adalah jarak aman kabel dengan pohon, tapi tetap kami memperhatikan kalau ada pohon produktif atau pohon yang termasuk penghijauan. Kalaupun pohon liar tidak bertuan tumbuh sendiri tetap kami perhatikan dengan izin warga sekitar,’’ ungkapnya.

Menurut Winardi, kegiatan serupa sebenarnya sudah rutin dilaksanakan. Akan tetapi, lanjutnya, pada kegiatan terakhir ini perawatan dilakukan dengan cermat dan lebih menyeluruh lagi.

“Ada titik potensi peningkatan jumlah gangguan, sehingga sedini mungkin dilakukan perbaikan dan pemeliharaan. Baik itu pemeliharaan konduktor maupun terapo. Saat ini juga kami mengganti kabel sepanjang 200 meter untuk menjaga kehandalan,’’ tuturnya.

Dikatakan Winardi, kegiatan serupa akan terus dilakukan PLN, demi menjaga kehandalan system serta mengantisipasi kemungkinan gangguan. Sebab sebutnya, saat ini dengan ekstreamnya cuaca menyebabkan potensi ganggung cukup tinggi.

“Kegiatan ini akan berlanjut beberapa hari ke depan, kita lakukan hal serupa, untuk titik masalahnya sudah kami petakan,’’ tandas mantan manajer PLN rayon Marabahan ini. (mns/K-2)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua