• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

PLTGB 18 MW Dibangun Kementerian ESDM

Foto Ilustrasi. (net)
Foto Ilustrasi. (net)

Kotabaru, KP – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gasifikasi Batubara di Sigam, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, dengan kapasitas total 18 MW.

“Tahap awal Kementerian ESDM membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gasifikasi Batubara (PLTGB) dengan kapasitas 2 X 1,5 MW,” kata Pelaksana tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotabaru Zainal Arifin melalaui Kabid Tata Ruang, Obet Tarukallo di Kotabaru, Senin.

Apabila pembangunan PLTGB tahap awal berhasil, maka akan dilanjutkan untuk pembangunan tahap kedua yakni dengan kapasitas 2 X 7,5 MW.

Dengan pembangunan tahap satu sebesar Rp3 MW ditambah dengan pembangunan tahap dua, maka total produksi listrik PLTGB yang menggunakan bahan bakar batu bara kalori rendah tersebut mencapai 18 MW.

Untuk memudahkan pembangunan, pemerintah daerah diminta menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Desa Sigam, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru.

“Lahan yang diminta tersebut sudah langsung dapat dipenuhi, karena akan menggunakan lahan yang direncanakan untuki perumahan nelayan di Desa Sigam,” paparnya.

Sebelumnya Plt Kepala Bappeda Kotabaru H Zainal Arifin mengemukakan, meski belum jelas kapan pembangunan dimulai dan nilai investasi yang akan dikucurkan pemerintah pusat melalui APBN, namun PLTGB ini ditargetkan beroperasi pada 2018.

“Kita sudah beberapa kali rapat baik dengan Kementerian ESDM maupun konsultan. Kita tunggu saja realisasinya,” pungkasnya. (net/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua