• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Polisi Bongkar Kawanan Curanmor

Empat pelaku curanmor ynag sering beraksi di wilayah kecamatan Hatungun, Salam Babaris dan sekitarnya berhasil diamankan oleh jajaran Buser Polres Tapin.

RANTAU, KP – Empat orang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah Kabupaten Tapin berhasil diringkus oleh Tim Buru Serga (Buser) Polres Tapin.

Masing-masing empat pelaku pencurian kendaraan bermotor tersebut yaitu Silip (21), Riandi (18), Amat (20) warga Desa Peramasan Kabupaten Banjar dan Wisnu (18) warga Desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin.

Semuanya sudah diamankan di Polres Tapin beserta barang bukti curanmor.

Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno, SIK melalui Kasat Reskim AKP Gita Suhadi Achmadi SIK mengatakan penangkapan empat orang pelaku curanmor ini berawal saat Tim Gabungan terdiri Buser Polres Tapin, Polsek Salam Babaris dan Hatungun melakukan patroli bersama-sama di wilayah setempat, Sabtu (10/3) malam.

Pada giat patroli aparat kepolisian mencurigai beberapa orang di sebuah warung. Salah satunya pelaku Amat, apalagi saat diperiksa yang bersangkutan tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan sepeda motor Yamaha Jupiter.

“Setelah diinterogasi lebih mendalam, ternyata motor tersebut hasil curian. Kemudian tangkapan tersebut dikembangkan lagi,” jelas AKP Gita.

Esok harinya, yakni Minggu (11/3) pagi, Tim Buser bersama Polsek Hatungun, Salam Babaris dan warga masyarakat setempat kembali melakukan penyisiran lagi di sekitar wilayah itu.

Mengingat masih ada kawanan pelaku Amat yang berada di wilayah setempat. Tak berapa lama melakukan penyisiran, petugas kembali pelaku Wisnu.

Kemudian dikembangkan lagi untuk mencari barang bukti lainnya dan sekitar pukul 18.00 WITA menjelang Magrib, giliran pelaku Anwar dan Rian ditangkap.

“Keempat pelaku curanmor diduga merupakan berteman dan berkelompok yang sudah saling kenal dalam setiap melakukan aksinya, namun dalam melakukan pencurian motor bisa dilakukan berdua atau bertiga,” katanya.

Dari pengakuan salah satu pelaku curanmor, mereka melakukan aksinya di 20 tempat yang berbeda dan masih dalam wilayah Kecamatan Salam Babaris, Hatungun dan sekitarnya.

Sementara barang bukti hasil curian yang didapatkan tiga buah motor yaitu Yamaha Vixion, Jupiter dan Force One.

“Kendatipun demikian dengan ditangkapnya empat pelaku curanmor ini bisa jadi tidak hanya lintas di wilayah hukum Tapin saja tetapi lintas kabupaten/kota,” sebut Kapolres Tapin.

“Tetapi kita terus kembangkan lagi, siapa tahu ada teman-teman yang lainnya bermain di belakang dalam melakukan aksi curanmor,” timpalnya.

Dijelaskannya lagi untuk diketahui dalam melakukan penangkapan pelaku curanmor ini berkat kerjasama warga masyarakat setempat, sehingga berhasil dibekuk dan diamankan.

“Para pelaku curanmor dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 Tahun penjara,” pungkasnya. (ari/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua