• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Polres Barut Himbau Waspadai Kejahatan

USAI RAKOR - Kapolres Barut AKBP Roy HM Sihombing yang didampingi Dandim 1013/mtw Letkol Inf Adhi G.I berpoto bersama dengan seluruh perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, usai rapat koordinasi eksternal program III penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi yang lebih optimal, Rabu (3/8) di Aula Anggrawina Jagratara Polres setempat. (KP/Asari)
USAI RAKOR – Kapolres Barut AKBP Roy HM Sihombing yang didampingi Dandim 1013/mtw Letkol Inf Adhi G.I berpoto bersama dengan seluruh perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, usai rapat koordinasi eksternal program III penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi yang lebih optimal, Rabu (3/8) di Aula Anggrawina Jagratara Polres setempat. (KP/Asari)

Muara Teweh, KP – Tindak pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan kejahatan lainnya yang terjadi di Kabupaten Barito Utara (Barut) membuat jajaran kepolisian terus melakukan upaya pencegahan dengan meningkatkan keamanan dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam bepergian dan memarkir kendaraannya.

Kapolres Barut AKBP Roy MH Sihombing melalui Kasat Sabhara Iptu Supratman, Rabu (3/8) mengingatkan, agar masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri yang mampu menjaga harta benda dan lingkungannya. Kejahatan terjadi karena adanya kesempatan.

“Makanya kami menghimbau agar seluruh warga lebih waspada terutama dengan bepergian tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan dan tidak membiarkan kendaraan bermotornya dalam kondisi yang mudah dibawa kabur pencuri,’’ ujarnya.

Dalam hal ini sikap kewaspadaan yang dimaksud antara lain, agar para pemilik kendaraan bisa memberikan kunci pengaman tambahan. Seperti pada sepeda motor untuk melengkapi dengan kunci roda. Kalau ini terpasang katanya, minimal bisa menghambat pencuri untuk melancarkan aksinya.

“Untuk masyarakat kami himbau jika memarkir sepeda motor jika bisa di beri kunci ganda, kalaupun di parkir di halaman rumah minimal ada CCTV di rumah yang terpasang. Selain itu jika masyarakat menemui segala sesuatu bentuk kejahatan sekecil apapun di harapkan bisa melaporkan ke Polres ataupun Polsek setempat,’’ selain itu,  Polres Barito Utara (Barut) menggelar rapat koordinasi eksternal program III penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi yang lebih optimal, Rabu (3/8) di Aula Anggrawina Jagratara Polres setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1013/mtw Letkol Inf Adhi G I dan Kejaksaan Negeri serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat.
Dalam kesempatan itu, Kapolres Barut AKBP Roy HM Sihombing menjelaskan, kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada, jangan mudah dihasut oleh kelompok-kelompok yang beraliran radikal, terutama yang menyangkut unsur agama dan adat istiadat yang tidak jelas keberadaannya.

Ia berharap sosialisasi ini menjadi langkah positif bagi kita, untuk menambah informasi tentang paham-paham radikal. Ia pun meminta kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat agar ikut berperan aktif dalam memberi pemahaman kepada masyarakat.

Dari rapat koordinasi ini juga akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi yang hadir disini dalam upaya meningkatkan kewaspadaan keterpaduan penanggulangan bahaya radikalisme.
“Melalui kerjasama ini kita tingkatkan soliditas dan solidaritas umat beragama, untuk mengantisipasi adanya penyebaran isu-isu yang bisa memecahkan persaudaraan antar agama,’’ ucapnya. (asa/K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua