• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Polres Laksanakan Apel “Pasukan Operasi Lilin 2016”

Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing SIK menyempakan diri memeriksa pasukan apel, dalam rangka Operasi Lilin tahun 2016, Kamis (2/12) di halaman Mapolres setempat.
Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing SIK menyempakan diri memeriksa pasukan apel, dalam rangka Operasi Lilin tahun 2016, Kamis (2/12) di halaman Mapolres setempat.

Muara Teweh, KP – Polres Barito Utara (Barut) melaksanakan apel gelar pasukan operasi Lilin tahun 2016, Kamis (22/12) di halaman Mapolres setempat. Dalam apel gelar pasukan tersebut dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

Kapolres AKBP Roy HM Sihombing SIK selaku inspektur upacara mengatakan dalam operasi lilin ini, pihaknya akan menurunkan puluhan personil bersama petugas gabungan lainnya seperti dari Dishubkominfo, POM TNI AD, Satpol PP dan Dinas Kesehatan setempat.

Dimana aparat keamanan dan petugas lainnya ini ditempatkan dibeberapa titik yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seiring meningkatnya intensitas kegiatan masyarakat pada kegiatan ibadah di gereja-gereja, perayaan tahun baru dan tempat lainnya.

“Apel yang dilaksanakan ini sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, baik dari aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta kleteriban unsur tekait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya,’’ kata Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing  Sik membacakan amatan Kapolri Jenderal Drs M Tito Karnavian, MA. PhD.

Dikatakannya, perayaan Natal dan tahun baru merupakan momen berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia.

Karena itu diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ketempat lainnya serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, terminal dan tempat-tempat lainnya.

Dikatakannya, peningkatan aktifitas masyarakat ini harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk itu Polri menggelar Operasi Lilin 2016 yang dilaksanakan selama 10 hari  sejak 23 Desember 2016 sampai dengan 1 Januari 2017.

Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen serta penegakka hukum secara tegas dan profesional.

“Saya berharap, pelaksanaan operasi lilin 2016 dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan. Oleh karenanya, seluruh personel pengamanan agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,’’ katanya.

Dalam pelaksanaan operasi Lilin 2016 ini, Polres Barito Utara menyiapkan empat pos, satu pos pengamanan dan tiga pos pelayanan.

Untuk pos pengamanan berada di bundaran Buah di Jalan A Yani Muara Teweh, dan pos pelayanan berada di bundaran simpang tiga dermaga menuju jembatan KH Hasan Basri dan Pasar Barito Permai Jalan Sengaji Hulu dan di Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru.(asa/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua