• Hari ini : Senin, 20 Agustus 2018

Polresta Terjunkan 200 Personil

SEMPROT – Kapolresta Banjarmasin, didampingi Dandim 1007 dan Kasat Pol PP Kota Banjarmasin melakukan penyemprotan sebagai simulasi penanganan karhutla dan kabut asap. (KP/Yuli)

Banjarmasin,KP – Jajaran Kepolisian dari Polresta Banjarmasin melaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Banjarmasin, Selasa (22/8) pagi, sekitar pukul 09.00 WITA.

Pelaksanan apel ini dipimpin langsung Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Anjar Wicaksana S. Apel yang diikuti oleh personil dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007 Banjarmasin, Satpol PP Kota Banjarmasin, Pengadilan Negeri Banjarmasin dan Kejaksanaan Negeri Banjarmasin serta Tokoh Masyarkat berlangsung di Jalan Lingkar Dalam Banjarmasin Selatan.

Selain melihat kesiapan pasukan gabungan, Kombes Pol Anjar Wicaksana bersama pejabat lainnya melakukan pemeriksaan peralatan yang digunakan untuk melakukan pemadaman Karhutla.

Dalam hal ini, Kapolresta mengatakan pelaksanaan apel kesiapan personel serta peralatan guna mencegah sejak dini melalui aksi deteksi titik api (hot spot). Polda Kalsel selalu bersinergi dengan seluruh stake holder sehingga bencana kabut asap dan karhurla bisa ditangani dengan baik

“Kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi pada setiap musim kemarau dapat mengganggu berbagai kegiatan masyarakat, dan menimbulkan penyakit dan mencemari udara,’’ jelas Anjar kepada awak media.

Pelaksanaan apel kegiatan ini merupakan respon positif atensi dari Kapolri dalam upaya menangani kabut asap dan karhutla. Untuk itu kesiapan personel serta peralatan harus dipersiapkan dengan baik.

“Dari pihak polresta sendiri ada 200 personil yang diturunkan dan ada 3 titik yang menjadi atensi yakni wilayah Banjarmasin Timur, Utara dan Selatan,’’ katanya.

Diungkapkan Anjar , Ada sanksi pidana bagi mereka yang membakar lahan, baik individu maupun perusahaan. “Pembakar lahan diancam denda maksimal Rp15 miliar atau penjara 15 tahun,’’ ujarnya.( Yul/ K-4)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua