• Hari ini : Minggu, 25 Februari 2018

Ponpes Nurul Muhibbin Halong Dibantu Rp 100 Juta

Bupati H Ansharuddin bersama Kabag Kesra dan Kabag Humas Setda, ikut membantu para ustadz, santri dan warga mengangkat bahan meterial pasir semen. (KP/Ist)

Paringin, KP – Pemerintah kabupaten Balangan memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan infrastruktur Pondok pesantren (Ponpes) Nurul Muhibbin di kecamatan Halong.

Dana bantuan yang bersumber dari APBD TA 2017 berupa hibah sosial sebesar Rp 100 juta tersebut diserahkan langsung oleh Bupati H Ansharuddin kepada Pimpinan Ponpes Nurul Muhibbin Kecamatan Halong ustadz Syahril, Jumat (27/10) kemarin sekitar pukul 16.00 Wita.

Kedatangan orang nomor satu di Balangan beserta rombongan ke komplek Ponpes Nurul Muhibbin disambut langsung oleh guru Syahril berserta para santri.

Dalam kunjunganya ini, Bupati H Ansharuddin mengatakan, bantuan yang diserahkan tadi sebagai bentuk kepedulian Pemkab Balangan.
Anshar menjelaskan, langkah itu merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap pembangunan kualitas keagamaan di Balangan.

Dan bentuk transparansi pemerintah terhadap penyaluran bantuan kepada lembaga dan tempat ibadah serta Ponpes atau PA di Balangan.
“Saya berharap melalui bantuan ini akan lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan. Dan akan lebih mampu mengembangkan diri sebagai suatu lembaga yang berperan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” katanya.

Lebih lanjut H Ansharuddin menyampaikan bahwa sesuai dengan visinya yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera melalui sumber daya manusia, tidak lepas dari pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang sangat berperan ditengah masyarakat untuk menciptakan SDM yang memiliki Iptek dan Imtaq adalah Pondok pesantren. Oleh karena itu semua komponen harus bersama sama memperhatikan ponpes, salah satu yang bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah adalah dengan membantu dana melalui mekanisme hibah bantuan sosial.

“Semoga dana ini dapat mengurangi beban yang ditanggung oleh pihak ponpes Nurul Muhibbin ” imbuhnya.

Sementara, guru Syahril sangat senang atas perhatian Pemkab Balangan dengan membantu pendanaan.

“Kami seluruh ustadz dan santri serta masyarakat hanya bisa mengucapkan syukur kepada Allah SWT dan mendoakan semoga Kabupaten Balangan selalu dilimpahkan Rahmat dan kesejahteraan,” ucap guru Syahril.

Dikesempan itu juga guru Syahril menyampaikan bahwa pembangunan ruang belajar santri putra ini diperkirakan menelan biaya sebesar 2 milyar.

“Semua biaya itu bersumber dari bantuan perorangan dan lembaga, termasuk salah satunya pada hari ini dari Bupati Balangan,” pungkasnya.

Dari pantauan dilapangan, mantan Wabup Balangan dua priode ini, dalam kunjunganya ke Pospen Nurun Muhibbin selain menyerahkan dana bantuan tapi juga terlihat ikut membaur membantu para ustadz dan santri serta masyarakat mengangkat bahan material (pasir, red), guna keperluan penyeminan bangunan. (jun/K-6)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua