• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Posyandu Sendang Agung, Mempunyai Aktivitas Tinggi

KEGIATAN POSYANDU. (KP/Rosadi)
KEGIATAN POSYANDU. (KP/Rosadi)

Tanjung, KP – Walaupun Desa Pasar Batu Kecamatan Muara Uya jauh dari pusat kecamatan, bahkan jauh dari pusat kabupaten tetapi setelah dilakukan penilaian di tingkat kabupaten, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) mereka mempunyai aktivitas yang sangat tinggi, mempunyai data yang paling lengkap, serta partisipasi dan dukungan masyarakat yang lebih baik maka walaupun berada di daerah terpencil.

Hal itu, diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabalong Drs H Abdul Muthalib Sangadji M.Si, belum lama tadi saat mendampingi tim penilai lomba Posyandu Kabupaten Tabalong menilai Posyandu Sendang Agung Desa Pasar Batu belum lama tadi di Muara Uya Kabupaten Tabalong.

Menurut Sangadji, sebagai salah satu pejabat di jajaran Pemkab Tabalong ia merasa bangga dengan keberhasilan dan aktivitas yang telah dilakukan oleh kader Posyandu yang ada di Pasar Batu ini, “Saya merasa bangga dengan para kader posyandu Sendang Agung atas kontribusi dalam membangun dan membina posyandu Sendang Agung ini, walaupun desa mereka jauh dari pusat Desa, jauh dari pusat kecamatan, bahkan jauh dari pusat kabupaten tetapi setelah dilakukan penilaian di tingkat kabupaten, Posyandu mereka yang mempunyai aktivitas yang sangat tinggi, mempunyai data yang paling lengkap, serta partisipasi dan dukungan masyarakat yang lebih baik maka walaupun berada di daerah terpencil posyandu Sendang Agung ini tetap menjadi perwakilan Kabupaten Tabalong untuk lomba posyandu dan kader posyandu,” jelas Sangadji

“Masyarakat Desa Pasar Batu sangat proaktif meminta binaan kepada pemerintah agar posyandu di desa mereka dapat mendukung pencapaian keluarga sadar gizi (Kadarzi), membantu penurunan angka kematian bayi dan kelahiran, serta mempercepat penerimaan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) di Kabupaten Tabalong,” sebut Sangadji.

Dalam kesempatan itu, ia juga menambahkan, penilaian Posyandu ini tidak semata-mata dalam konteks mencari kejuaraan saja, tetapi diharapkan dapat memotivasi seluruh stakeholder dalam upaya pengembangan posyandu kedepannya serta untuk mengevaluasi pelaksanaan posyandu, kinerja kader serta melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan, seperti tingkat partisipasi masyarakat, dan kesadaran akan pentingnya pemantauan status gizi,  serta cakupan imunisasi pada bayi dan balita.

Selain itu, acara di Desa Pasar Batu Kecamatan Muara Uya mewakili Kabupaten Tabalong dalam lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Tim Penilai beserta rombongan di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong turun langsung ke Posyandu Sendang Agung Desa Pasar Batu Kecamatan Muara Uya guna melakukan penilaian.

Dalam acara penilaian tersebut Sekda Tabalong ini, mewakili Bupati Tabalong menyampaikan Posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang melalui prinsip dari, oleh dan  untuk masyarakat. Posyandu diharapkan menjadi institusi yang mampu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial dasar masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Nurul Ahdani menyampaikan kriteria penilaian Posyandu di lihat dari beberapa kriteria yaitu ; kriteria kelembagaan, Sumber daya dan proses pelaksanaan posyandu, data-data kesehatan dan kegiatan pengembangan posyandu,” jelas Nurul
Dari informasi yang ada, Posyandu Sendang Agung merupakan Posyandu terintegritas dengan beberapa kegiatan , yaitu BKB, Posyandu Lansia, Gerakan Sayang Ibu (GSI) Keaksaraan fungsional, Iqra terpadu, PHBS dan UP2K yang terletak di anak Desa Pasar Batu yakni Trans Danau yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 473 jiwa terdiri 234 jiwa Laki-laki, 239 Perempuan.

Alur Posyandu Sendang Agung terdiri dari 5 alur yakni meja 1 Pendaftaran, meja 2 Penimbangan, meja 3 Pencatatan, meja 4 penyuluhan dan meja 5 pelayanan kesehatan.
Pada hari tersebut juga dilakukan penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. (ros/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua