• Hari ini : Minggu, 23 September 2018

Pramuka dan Pelajar Diajak Ikut Kampanyekan Germas

Martapura, KP – Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digaungkan jajaran Dinas Kesehatan Banjar. Tak hanya petugas kesehatan, pelajar serta pramuka pun diajak untuk turut andil mengampanyekannya.

Menurut Kadis Kesehatan Ikhwansyah MKes, kampanye Germas mesti melibatkan seluruh unsur masyarakat, termasuk pelajar dan pramuka. Pihaknya telah mensosialisasikan Germas kepada pelajar serta santri di sejumlah sekolah dan pondok pesantren.

“Baru-baru ini kami juga mensosialisasikan Germas kepada 60 pramuka penegak dan pendega di SMP dan SMA,” jelas Ikhwansyah.

Germas diluncurkan pemerintah pada 2016 lalu sebagai salah satu kebijakan kementerian kesehatan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan kesehatan.

Selama ini masalah kesehatan muncul akibat perilaku hidup yang tidak sehat dan sanitasi lingkungan serta air bersih yang kurang memadai, karena itu Germas hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Masyarakat dihimbau untuk melakukan kegiatan fisik setiap harinya, kemudian memperbanyak makan buah dan sayur, rutin memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan dan menjaga lingkungan sekitarnya,” tandasnya.

Diharap Ikhwan, peran pramuka Satuan Karya Bakti Husada mampu meningkatkan perilaku hidup sehat dan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dengan menjalankan Germas tersebut.

“Juga sesuai dengan tujuan Pemkab Banjar untuk mewujudkan masyarakatnya sejahtera dan barokah, termasuk di bidang kesehatan,” tandasnya. (wan/K-5)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua