• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Pramuka Dituntut Inovatif dan Kreatif

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat menyerahkan penghargaan kepada Ketua Kwartir Ranting Pramuka Banjarmasin Selatan M Yusrin pada acara Pucak HUT ke-55 Pramuka di Balaikota Banjarmasin, Sabtu (10/9).
Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat menyerahkan penghargaan kepada Ketua Kwartir Ranting Pramuka Banjarmasin Selatan M Yusrin pada acara Pucak HUT ke-55 Pramuka di Balaikota Banjarmasin, Sabtu (10/9).

Banjarmasin, KP – Gerakan pramuka kini telah berusia 55 tahun. Dengan umur itu gerakan pramuka harus rebranding menjadi pramuka baru agar diminati kaum muda.

Gerakan pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital masa kini, kata Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Hal tersebut dikakatakan walikota saat memberikan pengarahan pada acara Puncak  HUT ke-55 Pramuka di Balaikota Banjarmasin, Sabtu (10/9).

Dia juga mengungkapkan, dengan era generasi cyber dan online, adalah tantangan berat bagi pramuka.

Apalagi pada tahun 2020-2030 Indonesia mendapatkan bonus demografi, dimana penduduk dengan usia muda semakin kecil dan usia lanjut sedikit.

Jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) pada tahun 2020-2030 akan mencapai 70 persen, sedangkan sisanya sebanyak 30 persen adalah penduduk yang tidak produktif (di bawah 15 tahun dan diatas 65 tahun).

Bonus demografi ini akan membawa dampak sosial ekonomi, dapat dinilai positif maupun negatif.

“Melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan dan ekonomi, namun jika bonus ini tidak dipersiapkan kedatangannya maka dapat membebani negara karena kualitas yang rendah,’’ ujar Ibnu Sina, disela-sela HUT ke-55 Pramuka di Balaikota Banjarmasin, Sabtu (10/9).

Menurut Ibnu Sina, dengan ini saatnya kita membekali generasi akan datang dengan memberikan keterampilan agar siap bersaing dalam dunia tenaga kerja produktif.

Dikatakan, dengan generasi masa depan juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga pekerja tidak hanya bergantung pada ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Dengan ini gerakan pramuka tidak hanya membentuk karakter namun juga meningkatkan kualitas manusia agar mampu berkompetisi menjadi iptek yang akan menjadi keahlian bagi generasi muda,’’ jelas Ibnu.

Ketua Cabang Pramuka Kota Banjarmasin, H Irwan Anshari mengungkapkan, gerakan pramuka makin tahun semakin menggairahkan. Terlebih setelah pramuka masuk dalam kurikulum sekolah sehingga mewajibkan seluruh siswanya masuk dalam keanggotanya.

“Banyak keterampilan yang didapat jika tetap aktif dalam kegiatan pramuka dan untuk memotivasi ini juga tetap ada terus lomba lomba ketangkasan,’’ kata Irwan.

Dalam kesempatan HUT ke-55 Pramuka ini, diserahkan pula tropi dan penghargaan bagi pramuka aktif dan terbaik di kota Banjarmasin.

Sedangkan juara umum dan juara 1 gelar senja diraih oleh Pramuka Kwartir Banjarmasin Selatan. Bagi Ketua Kwatir Ranting Pramuka Banjarmasin Selatan M Yusrin mengungkapkan, penghargaan diperoleh berkat kesungguhan seluruh anggota pramuka di kwatir ranting wilayahnya yakni sekolah dan para pembina.

“Alhamdulilah berkat dukungan dari mereka tersebut tahun ini Kwartir Ranting Banjar Selatan meraih penghargaan pertama untuk gelar senja,’’ kata Yusrin. (vin/K-5)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua