• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Pramuka Gelar Aneka Lomba Ketangkasan

Inilah salah satu kegiatan lomba ketangkasan di gelar memperingati HUT Pramuka ke- 56 sekaligus memeriahkan HUT RI ke-72 serta Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-491, Kwartir Cabang Kota Banjarmasin menggelar lomba bakat dan ketangkasan pramuka.

Banjarmasin, KP – Guna memeriahkan dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-56 sekaligus memeriahkan HUT RI ke-72 serta Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-491, Kwartir Cabang Kota Banjarmasin menggelar lomba bakat dan ketangkasan pramuka.

Kegiatan lomba yang digelar selama tiga hari mulai dari Jumat (25/8) hingga Minggu kemarin (27/8), berlangsung meriah dan diikuti para generasi muda yang tergabung dalam pramuka.

Wakil Ketua Kwarcab Kota Banjarmasin Drs H Bambang Budianto mengungkapkan, ada enam kategori lomba yakni pionering keterampilan pramuka, yel yel, tari japin, tari kreasi dan musikali puisi serta paduan suara.

“Semua kegiatan lomba dilakukan peregu dan lomba ini untuk melatih kekompakan dan kerjasama,’’ ujar Bambang Budianto yang juga Ketua KPU Kota Banjarmasin ini.

Bahkan, untuk penyelenggaraan lomba dibagi tiga tempat yakni lomba paduan suara pada Jumat, lomba tari kreasi dan lomba pioner pada Sabtu dan lomba yel yel dan puisi musikali pada Minggu.

Sedangkan khusus peserta lomba terdiri pramuka siaga, penggalang dan penegak dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA sekota Banjarmasin.

“Masing-masing sekolah mengirimkan dua sampai tiga regu yang tiap regu terdiri dari lima orang,’’ katanya

Bambang menambahkan, lomba tersebut juga bertujuan sebagai evaluasi keterampilan kepramukaan di sekolah sekaligus ajang silaturahmi para pramuka se Kota Banjarmasin.

“Melalui ajang lomba ini, maka dapat terjalin silaturahmi disamping itu juga dapat lebih mengembangkan bakat keterampilan pramuka yang telah dipelajari dari masing-masing sekolah,’’ jelasnya.

Ditambahkan Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Banjarmasin Drs H Sumarno DS, lomba ketangkasan pramuka dilakukan peregu dengan maksud melatih kekompakan dan kerjasama antara anggota regu.

“Dalam pramuka semua memang dilakukan peregu sebagai kerjasama, saling tolong menolong dan kekompakan yang sebenarnya tercermin dalam Bhineka Tunggal Ika. Makanya melalui lomba ketangkasan dan bakat peregu ini juga akan dinilai kerjasama dan kekompakan,’’ katanya.

Bahkan setiap pemenang lomba akan diberikan hadiah dan penghargaan sebagai motivasi mereka.

Dan regu pemenang ketangkasan pramuka juga dapat berpeluang untuk mengikuti lomba diajang provinsi dan nasional, demikian Sumarno. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua