• Hari ini : Rabu, 17 Oktober 2018

Pramuka Lepas Karang Pamitran dan 300 Long March

LEPAS PRAMUKA – Ketua III Kwarcab Banjarmasin Drs H Totok Agus Daryanto melepas peserta Karang Pamitran dan 300 Penggalang Pramuka untuk menjelajahi Kota Banjarmasin dan tampak acara pelepasan ditandai diserahkan simbol Pramuka, Minggu (12/8). (KP/Narti)

Banjarmasin, KP – Ketua III Kwarcab Banjarmasin Drs H Totok Agus Daryanto melepas peserta Karang Pamitran dan 300 Penggalang Pramuka untuk menjelajahi Kota Banjarmasin yang diselenggarakan serangkaian kegiatan menyambut HUT Pramuka ke-73 Banjarmasin, Minggu (12/8).

Kegiatan yang dilepas secara resmi Totok Agus Daryanto, yang sehari-hari juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin ini diharapkan mewakili Kwarcab Kota Banjarmasin untuk mengikuti kegiatan Karang Pamitran di Kota Malang.

Mantan Kadis Pariwisata Hulu Sungai Selatan (HSS) ini juga mengatakan, pramuka itu merupakan kegiatan yang sangat bagus dalam mengangkat jiwa kepramukaan di Banjarmasin secara khususnya. Apalagi ditengah yang serba teknologi ini, tentu banyak tantangan berat bagi pemuda.

“Solusinya diimbangi dengan kegiatan positif seperti kegiatan adventure ini, atau kegiatan yang sifatnya mengedukasi,’’ ucap Ketua III Kwarcab Banjarmasin Drs H Totok Agus Daryanto kepada wartawan, di sela-sela pelepasan di Gedung Pramuka Banjarmasin, Minggu (12/8).

Totok melanjutkan, kegiatan tersebut juga sangat bagus untuk mengenang para pahlawan yang berkorban untuk negeri ini. “Dengan itu para pemuda bisa lebih menghargai apa yang diperjuangkan untuk NKRI ini,’’ katanya.

Sekretaris Kwarcap Banjarmasin, Sumarno DS, menimpali, kegiatan merupakan yang pertama kali. Karena banyak dukungan atas faidah kegiatan yang didapat, kegiatan akan dimasukan ke program tahunan.

“Sekitar 300 lebih pemuda-pemudi pramuka di Banjarmasin hari ini akan berjalan kaki menjelajah Kota Banjarmasin satu hari penuh. Start finishnya dari Markas Kwarcab Banjarmasin,’’ katanya.

Sumarno melanjutkan, adapun rute jelajahnya dimulai dari Jalan Anang Adenansi, kemudian menuju Jembatan Dewi, selanjutnya ke Pengambangan, Banua Anyar, Sultan Adam, Jalan Brigjen Hasan Basri, dan finishnya Jalan Anang Adenansi.

“Ada 25 rute adventure yang dijalani peserta. Perjalanan mereka diperkirakan sekitar 6 jam lebih,’’ tuturnya.

Selain melepas peserta adventure, acara juga melepas 15 pembina pramuka dalam acara Pamitran Nasional dan peresmian kegiatan Long March 2018 di Malang. (vin/K-5)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua