• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

Produk Balangan Dipamerkan di TMII

GUBERNUR KALSEL – H Sahbirin Noor (paman Birin) berkesempatan mengunjungi stand Expo kabupaten Balangan di TMI. (KP/Ist)

Paringin, KP – Balangan berpartisipasi dalam pameran bertajuk Expo Nusantara yang digelar dalam rangka hari ulang tahun ke-43 Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Sasana Kriya TMII, tanggal 19 hingga 22 April 2018.

Stand Kabupaten Balangan menampilkan kesenian tari tradisional suku Dayak dan produk-produk khas Balangan, seperti kain sasirangan bermotif khas Balangan dan hasil kerajinan tangan. Ada juga berbagai makanan olahan, seperti gula semut, mandai crispy, dodol cempedak dan sebagainya.

Berjajar dengan stand dari setiap pemkab/pemkot se-Kalsel, stand Balangan cukup mampu antusiasme pengunjung. Hal itu terlihat dari selalu adanya pengunjung yang singgah, berinteraksi dengan penjaga stand maupun sekadar melihat-lihat barang yang dipamerkan, namun tidak sedikit yang terpikat dengan produk unggulan berupa tas tirik dengan desain khas dayak dan kain sasirangan.

Tidak kurang dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, mantan Penjabat Bupati Balangan HM Hawari, Bupati Balangan Ansharuddin dan Wakil Bupati Syaifullah, berkunjung ke stand Balangan di Expo Nusantara. kunjungan keempat tokoh tersebut membuat suasana berbeda sehingga memberikan semangat dan testimoni kepada para pengunjung lainnya, seperti yang dilakukan Bupati Balangan yang turut menawarkan dan menjelaskan produk kain sasirangan motif bambu dan labu, sehingga banyak pengunjung stand yang membeli dan ada juga yang meminta nomor kontak pengrajin karena berminat untuk menjalin kerja sama bisnis.

Bupati Anshar ketika ditemui saat berada di stand mengatakan even ini adalah salah satu langkah Pemkab Balangan memperkenalkan produk unggulan agar geliat ekonomi dibumi Sanggam semakin berkembang.

Pada peringatan HUT TMII tahun ini, Kalimantan Selatan memang mendapat giliran menjadi ‘tema’ atau warna dominan. Para petugas di TMII pun berbaju sasirangan. Tema peringatan juga diambil dari kata-kata bijak masyarakat suku Banjar, yaitu “Seni diusung, budaya dijunjung, banua bauntung.”

Selain kota-kota dan kabupaten-kabupaten dari Kalimantan Selatan, puluhan daerah dari seluruh Indonesia juga mengikuti pameran tersebut. (rel/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua