• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Produk Lokal Pulpis Sangat Berpeluang

Produk Lokal Pulang Pisau
Produk Lokal Pulang Pisau

Potensi Pulang Pisau untuk memunculkan berbagai produk lokal atas kerajinan tangan sangat berpeluang sebab daerah Pulang Pisau merupakan daerah yang masih banyak menghasilkan produk rotan dan kayu.

Yang terjadi saat ini sebenarnya banyak kerajinan tangan baik anyaman rotan maupun produk meubel kayu lokal banyak diproduksi masyarakat walaupun perlu penanganan kusus dan menggali potensi yang lebih mencuat lagi.

Beberapa pemikiran yang terpenting adalah dengan memberikan pelatihan bagi warga yang mempunyai keahlian dibidang tersebut dengan cara mendapatkan fasilitas dari pemerintah daerah hingga titik akhir yakni peluang pemasaran dan pembinaan secara rutin.

Ini musti ada andil besar bagi dinas terkait termasuk dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Pulang Pisau untuk memunculkan potensi daerah dan sekaligus membuktikan bahwa Pulang Pisau dan kalimantan tengah umumnya merupakan daerah penghasil rotan terbaik dan melimpah dengan segala kemampuan serta keahlian warganya.

Sekretaris Disperindagkop Bakzar Effendy, dalam perbincangan beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa untuk menggali potensi sangatlah dimungkinkan namun pemerintah harus sinergi menggali potensi sebab yang ada saat ini adalah adanya potensi namun belum tergali dan ditangani dengan sungguh-sungguh sehingga kerajinan dan usaha rakyat masih belum mendapatkan peluang yang besar untuk dimunculkan.

Menurutnya sangat diperlukan usaha bersama untuk membuat potensi yang ada menjadi besar dan hal ini telah dimulai pemerintah walaupun sampai detik ini belum ada hasil yang seperti diharapkan bersama dan ini merupakan tantangan kedepan agar hasil karya masyarakat mendapat apresiasi yang penuh dari pemerintah daerah.

Kepala dinas Perindagkop UMKM H. Fauzy Tambang SH Msi kepada media ini juga menjelaskan bahwasannya pihaknya dalam hal koperasi juga mengikuti beberapa kegiatan menghidupkan sebanyak banyaknya koperasi di pulang Pisau dengan segala macam usaha produktif.

Setiap perkembangannya koperasi ini akan dipantau perkembangannya untuk diberikan kemudahan dalam usaha bersama dan pada saatnya nanti koperasi-koperasi yang ada akan dimunculkan sebuah koperasi yang besar dengan mengusahakan yang lebih besar dan bermanfaat.

Sementara UMKM sendiri akan dikembangkan dengan konsep menampung pedagang kecil yang akan menjajakan usaha kaki limanya diwilayah Pulang Pisau sehingga akan banyak bermunculan pedagang pedagang kaki lima termasuk di dalamnya pembinaan para pengrajin rotan dan sejenisnya.

Konsep tersebut sebagaimana penterjemaahkan program pemerintah Pusat untuk permberdayaan ekonomi kerakyatan melalui koperasi hingga diwujudkan program produksi tingkat nasional dengan beberapa agenda pameran ditingkat propinsi sehingga semua potensi daerah dengan segala usaha produktifnya mampu muncul dan berkembang pesat. (net/K-8)

Tag:,
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua