Pulpis Kembali Dapat Bantuan Alsintan

ditulis pada 22 Juni 2017
Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo saat meninjau Masjid Agung, kunjungan ini dalam rangka persiapan sholat idul fitri 1438 Hijriah.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo saat meninjau Masjid Agung, kunjungan ini dalam rangka persiapan sholat idul fitri 1438 Hijriah.

Pulang Pisau, KP – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto mengungkapkan, tahun ini Kabupaten  Pulang Pisau kembali mendapatkan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah pusat.

Bantuan tersebut disalurkan karena Pulpis merupakan salah satu wilayah sentra tanaman pangan, di Kalimantan Tengah.

Slamet mengatakan, alsintan yang diterima tersebut yakni 9 unit komben untuk panen dan 5 unit traktor untuk menggarap lahan.

Alat-alat tersebut saat ini sudah berada di Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau.

Alsintan tersebut merupakan bantuan yang disalurkan oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI.

“Ini keperluan untuk petani di daerah kita dan sudah ada surat edaran dari dirjen tanaman pangan bahwa mekanisme penyaluran tersebut harus disesuaikan dengan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alsintan),’’ kata Slamet.

Saat ini, kata Slamet, masyarakat yang akan menerima bantuan sedang dalam proses pembentukan UPJA. UPJA inilah nantinya yang akan memberikan pelayanan jasa kepada petani, serta untuk mendorong meningkatkan daya saing dalam penanganan hasil panen.

Bantuan tersebut, akan disalurkan ke wilayah sentra pertanian yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Selain meningkatkan produksi pertanian, dari alat tersebut, kata Slamet, akan ada pemasukan bagi UPJA yang ada untuk keperluan operasional, dan nilai tambah untuk pengembangan UPJA
kedepannya. (sgt/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.