• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Puluhan Ribu Bibit Ikan Dibagikan ke Nelayan

Kotabaru, KP – Pangkalan TNI Angkatan Laut Kotabaru, Kalimantan Selatan, membagikan 26.000 bibit ikan bandeng dan ikan nila kepada nelayan di pesisir Sigam, Kotabaru.

Letkol Laut (P) Bagus Handoko, di Kotabaru, Minggu mengatakan, dari 26.000 ekor bibit ikan, terdiri dari 15.000 ekor bibit ikan bandeng dan 11.000 ekor bibit ikan nila.

Salah satu tujuan pemberian bibit ikan bandeng dan ikan nila tersebut, adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir dengan memanfaatkan lahan atau tambak yang tidak dimanfaatkan.
Lanal Kotabaru menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru untuk mengoptimalisasikan lahan tidur di pesisir pantai untuk dijadikan tambak produktif.

Pemanfaatan lahan tidur tersebut akan melibatkan masyarakat dengan tujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat pesisir dan kemajuan daerah yang berjuluk `Bumi Bersujud`.
Dengan optimalisasi lahan tidur menjadi lahan tambak produktif, maka budidaya ikan bandeng diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian serta gizi masyarakat pesisir.

Kedepan, lanjut dia, masyarakat diharapkan semakin sadar bahwa lahan pesisir yang selama ini dianggap tidak produktif ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dengan kreativitas yang salah satunya dengan budidaya ikan.

Sementara itu, awal 2015 Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Rahmadi Kurdi di Banjarmasin mengatakan,ratusan hektare tambak udang dan ikan lainnya di Kalsel terbengkalai setelah beberapa perusahaan importir perikanan dari berbagai negara menghentikan permintaan pengiriman.

Tambak-tambak yang ditinggalkan masyarakat tersebut kini dibiarkan begitu saja, belum ada upaya untuk reboisasi dengan melakukan penanaman kembali hutan mangrove yang dibabat. (net/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua